Khatib Masjid Al-Aqsa Sampaikan Selamat Untuk Umat Islam dan Turki atas Kembalinya Hagia Sophia Sebagai Masjid

Keputusan Erdogan mengalihkan status Hagia Sophia menjadi Masjid mendapat dukungan penuh dari Imam Masjid Al-Aqsa, Syekh Ikrimah Sabri. Menurutnya Erdogan telah melakukan langkah berani.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,14 Jul 2020,11:53 AM

Yerusalem, SPNA - Khatib Masjid Al-Aqsa, Syekh Ikrimah Sabri, Senin (13/07/2020), menyampaikan selamat untuk umat Islam dan Turki atas kembalinya Hagia Sophia sebagai Masjid.

Dalam sebuah pesan suara, seperti dilansir dari media lokal Palestina, Qudspress, Syekh Ikrimah mengatakan, "Ini merupakan pesan cinta dan dukungan yang kami kirimkan dari Masjid Al-Aqsa kepada Presiden Racep Tayyib Erdogan, semoga Allah merahmatinya, atas usaha memperjuangkan kebenaran,  dengan mengembalikan Hagia Sophia sebagai Masjid."

Menurutnya, Erdogan telah berhasil mengembalikan kemegahan Hagia Sophia melalui pengalihan status dari katedral menjadi masjid.

"Negara tersebut (Turki) memiliki kedaulatan penuh dan bebas dalam menentukan kebijakannya." Tambahnya.

Selain Itu Syekh Ikrimah juga menilai kebijakan Erdogan sebagai langkah yang berani. Karena Hagia Sophia akan terus menjadi milik umat Islam sampai hari kiamat kelak.

Hagia Sophia atau Aya Sofya awalnya merupakan sebuah Katedral yang dibangun pada abad keenam masehi. Kemudian diubah menjadi masjid saat masa pemerintahan Turki Utsmani, tahun 1453.

Namun pasca runtuhnya Turki Usmani pada akhir Perang Dunia I, Mustafa Kemal Ataturk, memutuskan pada tahun 1935 untuk mengubah monumen itu menjadi museum. Dan UNESCO mendaftarkan situs tersebut dalam daftar Warisan Dunia.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir