18 Orang Tewas dalam Sebuah Serangan Bersenjata di Nigeria

Sebuah bersenjata di Nigeria merenggut belasan nyawa warga sipil. Pihak berwajib belum mengumumkan identitas pelaku serta motif dari serangan tersebut.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,21 Jul 2020,12:10 PM

Kaduna, SPNA - Delapan Belas warga sipil tewas dalam sebuah serangan bersenjata di wilayah Kaduna, sebelah barat laut Nigeria, Minggu (19/07/2020). Serangan yang menargetkan pesta pernikahan itu juga menyebabkan 30 orang lainnya mengalami luka-luka.

Pejabat lokal menjelasakan bahwa sekelompok orang bersenjata mengendarai sepeda motor menyerbu upacara pernikahan di desa Kokum-Daji di wilayah Kura pada Minggu malam, dan menembaki para tamu.

Dilansir dari AFP, 18 orang meninggal dunia dan 30 lainnya luka-luka. Sebagian besar dari korban adalah para pemuda setempat.

Lima belas di antara mereka dilaporkan meninggal di tempat kejadian dan tiga lainnya di rumah sakit.

Sampai saat ini, pemerintah belum menjelaskan indentitas pelaku yang bertanggung jawab atas kejadian itu. Namun dilaporkan sempat terjadi perselisihan antara Etnis Fulani yang berprofesi sebagai penternak dan para petani sayur.

Juru bicara kepolisian wilayah, Muhammed Gallenji sempat mengkonfirmasi kejadian tersebut kepada AFP tanpa menyebutkan jumlah korban.

Wilayah Utara Kaduna sebagian besar penduduknya adalah beragama Islam. Sedangkan selatan diungguli oleh umat Kristian. Wilayah ini telah lama menyaksikan pergulatan antara petani dan penggembala atas lahan gembala dan pembagian air.

Kekerasan antara kedua pihak  yang meningkat baru-baru ini, mendorong otoritas negara untuk menengahi di antara mereka agar membuat gencatan senjata, tetapi upaya mereka tidak berhasil.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply