Masjid Hagia Sophia Gelar Shalat Jumat Perdana pada 24 Juli

Diperkirakan sekita 1.500 orang akan menghadiri shalat Jumat, menandai kembalinya Hagia Sophia sebagai masjid.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Thu,23 Jul 2020,03:31 PM

Istanbul, SPNA - Shalat Jumat perdana akan menandai pembukaan Masjid Hagia Sophia pada 24 Juli. Ini akan menjadi shalat Jumat pertama dalam 86 tahun terakhir di situs tersebut. Sekitar 1.500 orang diperkirakan akan melakukan sholat Jumat pada upacara pembukaan, termasuk tokoh-tokoh terkemuka seperti Presiden Recep Tayyip Erdogan dan pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Devlet Bahceli.

Pada tahun 1985, selama menjadi museum, Hagia Sophia dimasukkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Hagia Sophia menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi, baik wisatawan domestik maupun asing. Tempat penuh sejarah ini telah sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukan Istanbul, yang mengubahnya menjadi masjid tahun 1453 hingga 1934. Lalu, yang terakhir, tempat ini diubah menjadi museum selama 86 tahun.

Pada 10 Juli, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Keputusan ini membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid setelah jeda 86 tahun. Sebelum itu, itu telah bangunan ini telah menjadi masjid selama hampir 500 tahun.

Pada 16 Juli, Direktorat Urusan Agama Turki menandatangani protokol kerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk menjalankan Hagia Sophia setelah dikonversi menjadi masjid.

Di bawah protokol itu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan mengawasi pekerjaan restorasi dan konservasi, sementara Direktorat Urusan Agama akan mengawasi layanan keagamaan.

Peninggalan arsitektur itu juga akan terbuka untuk wisatawan domestik dan asing secara gratis.

(T.RA/S: Anadolu Agency)

leave a reply
Posting terakhir