Ledakan Pelabuhan Lebanon Tinggalkan Lubang Berdiameter 124 Meter

Hasil foto dari sebuah satelit menunjukkan lubang besar di pelabuhan Lebanon pasca ledakan. Letupan yang dipercaya berasal dari 2.750 ton amonium nitrat itu meninggalkan lubang berdiameter 124 meter.

BY Edited Thu,06 Aug 2020,12:08 PM

Beirut, SPNA - Dikutip dari CNN Arabic, Ledakan yang menghantam pelabuhan Beirut, Selasa (04/08), meninggalkan lubang besar berdiameter 124 meter. Data tersebut diketahui melalui gambar satelit.

Diameter lubang yang disebabkan oleh ledakan 2.750 ton amonium nitrat itu artinya lebih panjang dari sebuah lapangan sepak bola.

Menteri Kesehatan, Hamad Hassan, mengumumkan, selain 135 orang yang meninggal dunia, lebih dari 5.000 orang luka-luka, dan 250 ribu warga kehilangan tempat tinggal. Ledakan yang disebutkan berhasil membuat ibu kota Lebanon tersebut berguncang membuat seluruh kota porak-poranda. Jalanan kota sesak dengan puing bangunan yang hancur saat berlangsungnya ledakan.

Sebagai ungkapan belasungkawa, Perdana Menteri, Hassan Diyab, mengumumkan tiga hari berkabung nasional. Berlangsung sejak hari ini, Kamis (06/08/2020).

Ledakan yang oleh sebagain pihak mengatakan disebabkan oleh bahan peledak yang disimpan bertahun-tahun di tepi pelabuhan Beirut itu dilaporkan juga terasa hingga ke daratan Siprus. Rumah warga di negara yang terletak di tengah Laut Mediterania, 160 KM dari tepi laut Lebanon itu, ikut bergetar.

Presiden Lebanon, Michel Aoun, menjelaskan bahwa tragedi tersebut disebabkan oleh 2.750 ton amoniun nitrat, bahan untuk membuat pupuk dan sebagai bahan peledak, yang telah disimpan selama enam tahun dan tidak mendapat pengamanan yang seharusnya.

Aoun berjanji akan melakukan investigasi dan menghukum pihak yang telibat dalam praktek ilegal tersebut.

Dokumen hukum yang diperoleh CNN mengkonfirmasi bahwa Direktur Bea Cukai Lebanon, Badri Dhaher, telah memperingatkan selama bertahun-tahun tentang "bahaya besar" meninggalkan amonium nitrat di salah satu bangsal penyimpanan di pelabuhan Beirut.

(T.HN/S: CNN Arabic)

leave a reply
Posting terakhir