Pasca Ledakan Pelabuhan Beirut, Ribuan Warga Turun ke Jalanan Berunjuk Rasa

Situasi dalam negeri Lebanon pasca ledakan pelabuhan Beirut, semakin kacau dengan berlangsungnya demonstrasi. Ribuan warga buka suara meminta para elit korup untuk turun jabatan.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sun,09 Aug 2020,10:35 AM

Beirut, SPNA - Pasca ledakan Pelabuhan Beirut, ribuan warga Lebanon, Sabtu (08/08), turun ke jalanan menyampaikan protes terhadapat Otoritas Negara.

Dikutip dari Skynewsarabia, lautan warga yang berkumpul di Ibu Kota berhasil masuk ke sejumlah gedung kementerian. Kementerian Luar Negeri, Kementerian Ekonomi dan gedung Kementerian Lingkungan Hidup.

Dalam aksinya warga meneriakkan yel-yel meminta Presiden Lebanon, Michael Aoun, untuk meninggalkan kuris jabatannya. Warga dilanda kemarahan pasca ledakan pelabuhan Beirut yang menyebabkan 158 orang meninggal dunia dan enam ribu lainnya luka-luka.

Pemerintah dianggap teledor dalam menjaga keselamatan warga. Para elit negara  juga dikritik atas tuduhan kasus korupsi.

Para demonstran dilaporkan juga berhasil masuk  ke  Markas besar Asosiasi  Bank yang terletak di jantung kora Beirut. Sebelum pihak keamanan datang dan mengamanakan gedung, warga telah berhasil membakar lantai bawah bangunan tersebut.

Dari Reuters, protes tersebut telah merenggut nyawa seorang polisi yang jatuh dari sebuah tangga saat menghindari amukan massa. Selain itu, Tim Bulan Sabit Merah Lebanon juga mencatat 117 warga luka-luka. Termasuk di antaranya 55 orang yang harus dilarikan ke rumah sakit.

Sebuah ledakan hebat menghantam Pelabuhan Beirut pada hari Selasa (04/08) beberapa hari lalu. Ratusan warga meninggal dunia dan ribuan lainnya luka-luka.

Ledakan yang oleh sebagian pihak mengatakan disebabkan oleh bahan peledak yang disimpan bertahun-tahun di tepi pelabuhan Beirut itu dilaporkan juga terasa hingga ke daratan Siprus. Rumah warga di negara yang terletak di tengah Laut Mediterania, 160 KM dari tepi laut Lebanon itu, ikut bergetar.

Dikutip dari CNN Arabic, Ledakan itu meninggalkan lubang besar berdiameter 124 meter.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply
Posting terakhir