Usai Normalisasi, Presiden Israel Ajak Pangeran Mahkota Abu Dhabi Berkunjung ke Al-Quds

Presiden Israel, Rueven Rivlin mengajak Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed Bin Zayed bin Sultan Al Nahyan untuk berkunjung ke kota suci Al-Quds pasca normalisasi hubungan Israel dan UAE.

BY Edited Tue,18 Aug 2020,01:45 PM

Tel Aviv, SPNA – Presiden Israel, Rueven Rivlin mengajak Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed Bin Zayed bin Sultan Al Nahyan untuk berkunjung ke kota suci Al-Quds pasca normalisasi hubungan Israel dan UAE.

Rivlin melalui Twitter (18/08) mengatakan bahwa normalisasi UAE dan Israel akan berdampak positif terhadap stabilitas di Timur Tengah serta meningkatkan kepercayaan antara Israel dan Arab.

Di saat yang sama Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu menyatakan berupaya membuka jalur penerbangan Tel Aviv – Abu Dhabi melalui wilayah udara Arab Saudi.

Pihak Saudi belum memberikan komentar terkait hal ini dan masih menutup batas udara untuk pesawat Israel.

Sebelumnya Donald Trump mengumumkan normalisasi antara Israel dan Uni Emirat Arab. Presiden Amerika Serikat tersebut menilai hal ini akan mendorong terwujudnya stabilitas di Timur Tengah.

Netanyahu juga mengatakan akan melakukan kerjasama dengan UAE dalam pengembangan vaksin virus corona, serta dalam bidang energi, air dan listrik.

Meskipun demikian normalisasi Israel dan UAE, menuai kontrovers.

Jurubicara Kepresidenan Palestina, Nabli Abu Rudeina menilai bahwa langkah UAE adalah pengkhianatan terhadap Al-Quds dan Al-Aqsa serta mengkhianati amanat bangsa Palestina.

Rudeina juga menyerukan negara  Arab agar tidak tunduk dengan misi Amerika Serikat serta tidak mengikuti langkah UAE.

Hal yang sama juga diutarakan Hamas dan Jihad Islam yang menilai bahwa langkah UAE adalah hadiah gratis terhadap Israel atas kejahatan dan pelanggaran hukum terhadap rakyat Palestina.

Dilain pihak, Mesir dan Bahrain menyambut baik kerjasama UAE dan Israel. Bahrain menilai bahwa hal ini akan berkontribusi memperkuat stabilitas dan perdamaian di Timur Tengah.

(T.RS/S:BBCArabic)

 

leave a reply
Posting terakhir