Trump Prediksikan Normalisasi Hubungan Arab Saudi-Israel

Setelah UEA, Arab Saudi diprediksikan akan merapat ke Israel. Donald Trump yakin, hal yang sama juga akan dilakukan oleh banyak negara Arab lainnya..

BY Edited Thu,20 Aug 2020,10:43 AM

Washington, SPNA - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, Rabu (19/08), mengatakan bahwa Arab Saudi akan segera mengikuti langkah normalisasi hubungan dengan Israel seperti Uni Emirat Arab (UEA).

"Benar, saya memprediksikan hal tersebut." Jawab Trump saat ditanya kemungkinan terjalinnya hubungan diplomatik antara Arab Saudi dengan Israel, dalam sebuah jumpa pers di Gedung Putih.

Trump juga mengatakan terjalinnya hubungan UEA-Israel merupakan langkah yang "baik. Di sana terdapat beberapa negara yang tidak pernah terpikirkan oleh kalian yang akan ikut berdamai dengan Israel."

Isu Arab Saudi tersebut dimulai dari pernyataan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Rabu (19/08). Arab Saudi disebutkan akan terus menjaga hubungan damai dengan Israel.

Dikutip dari Reuters, ini merupakan komentar pertama Arab Saudi pasca pengumuman normalisasi hubungan UEA.

Jika normalisasi hubungan Israel dan negara Arab berhasil, pihak pertama bersedia menangguhkan rencana pencaplokan sebagian wilayah Palestina di Tepi Barat. Negara Yahudi itu juga akan bergabung membentuk koalisi melawan salah satu kekuatan besar di Timur Tengah, Iran.

UEA pekan lalu mengumumkan secara resmi terjalinnya hubungan diplomatik dengan negara Yahudi Israel. Kebijakan tersebut mendapatkan penentangan keras dari warga Arab yang melihatnya sebagai pengkhianatan terhadap Palestina.

(T.HN/S: REUTERS)

leave a reply
Posting terakhir

Meshaal Ajak Arab Saudi Buka Hubungan dengan Hamas

Ia menekankan bahwa Israel adalah negara buruk yang tidak akan memberikan apa pun kepada negara Arab, selain agresi dan kerusakan pada kepentingan vital bangsa. Meshaal menjelaskan bahwa Israel adalah bahaya bagi bangsa Arab.