Haniyeh Tiba di Beirut untuk Hadiri Konferensi Faksi Palestina

Meskipun sebelumnya sempat beredar pernyataan pemerintah Lebanon yang menolak menjadi tuan rumah konferensi ini, tapi kedatangan Haniyeh tersebut menunjukkan bahwa pertemuan ini akan tetap dilaksanakan.

BY Edited Wed,02 Sep 2020,11:40 AM

Beirut, SPNA – Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh tiba di Beirut, ibu kota Lebanon pada Selasa malam (01/09/2020). Ikut serta dalam kunjungannya tersebut Ketua Gerakan Hamas di Luar Negeri Maher Salah, Kepala Biro Hubungan Arab dan Islam Hamas Izzat Al-Rishq, dan Kepala Kantor Hubungan Nasional Hamas Hussam Badran.

Delegasi Hamas tersebut disambut baik oleh Duta Besar Palestina Untuk Lebanon Ashraf Dabour, Mantan Anggota Parlemen Hassan Hoballah, Perwakilan Hamas di Lebanon Ahmad Abdul Hadi, Anggota Biro Hubungan Arab dan Islam Hamas Osama Hamdan, serta sejumlah tokoh Hamas di Lebanon lainnya.

Kedatangan Haniyeh ke Lebanon dijadwalkan untuk menghadiri konferensi video yang diadakan oleh para sekretaris jenderal faksi Palestina. Konferensi yang akan dihelat secara bersamaan di Beirut dan Ramallah tersebut bertujuan untuk menyatukan serta memperkuat front internal barisan Palestina.

Meskipun sebelumnya sempat beredar pernyataan pemerintah Lebanon yang menolak menjadi tuan rumah konferensi ini, tapi kedatangan Haniyeh tersebut menunjukkan bahwa pertemuan ini akan tetap dilaksanakan.

Selain itu Haniyeh dan para delegasi lainnya dijadwalkan untuk melakukan pertemuan resmi dengan para pejabat dan pemimpin partai Lebanon, guna membahas situasi Palestina terkini dan hubungan Lebanon-Palestina.

Demikian juga dalam kedua pertemuan tersebut mereka akan membahas lebih lanjut tentang langkah dan strategi untuk menghadapi Proyek Normalisasi dan Kesepakatan Abad Ini, termasuk rencana aneksasi Israel di Tepi Barat.

Perjalanan Haniyeh di Lebanon akan mencakup kunjungan ke kamp-kamp pengungsian Palestina berikut lawatan keliling kota-kota Lebanon, sebagai bentuk ekspresi solidaritas Palestina dengan Lebanon setelah insiden malang di pelabuhan Beirut Agustus lalu.

(T:NA/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir