Pelajar Muslim Meningkat, Catalunya Terapkan Pendidikan Islam di Sekolah

Pemerintah wilayah Catalunya menjadikan pendidikan Islam sebagai salah satu pelajaran wajib di sekolah-sekolah umum.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sun,06 Sep 2020,01:54 PM

Catalunya, SPNA – Pemerintah wilayah Catalunya menjadikan pendidikan Islam sebagai salah satu pelajaran wajib di sekolah-sekolah umum.

Dilansir Youm7 (06/09) pendidikan Islam akan menjadi pelajaran wajib mulai tahun ajaran baru 2020-2021,  sebagai program uji coba di seluruh wilayah Barcelona, ​​Bajo Llobregat, Girona dan  Tarragona.

Langkah ini diambil untuk melayani integrasi masyarakat dalam kerangka keberagaman dan selaras dengan budaya keluarga Muslim di Spanyol.

Program tersebut diutamakan bagi siswa sekolah dasar dan tahun pertama sekolah lanjutan untuk kemudian dilanjutkan ke perguruan tinggi.

Pendidikan agama Islam menjadi kebutuhan primer seiring dengan  bertambahnya jumlah murid muslim. Di saat yang sama yayasan muslim Spanyol menuntut agar pendidikan Islam dijadikan salah satu pelajaran wajib.

Saat ini jumlah popluasi muslim di Catalunya mencapai 500,000 jiwa. Hal ini membuat Catalunya dinobatkan wilayah muslim terbesar di Spanyol.  Posisi kedua ditempasi Andalusia yaitu sebanyak 300,000 jiwa, disusul Madrid yaitu 280,000 jiwa.

42% dari warga muslim Spanyol adalah penduduk lokal sementara sisanya adalah imigran.

(T.RS/S:Youm7)

leave a reply