Donald Trump: Delapan Negara Arab Siap Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel

Delapan negara Arab diisukan akan melakukan normalisasi hubungan dengan Israel dalam waktu dekat.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,19 Sep 2020,01:36 PM

Washington, SPNA – Presiden Amerika Donald Trump membeberkan terdapat delapan negara Arab selain Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain yang siap melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Dalam konferensi pers setelah pertemuannya dengan putra tertua Emir Kuwait, Sheikh Nasser Al-Sabah Al-Ahmad Al-Jaber, Jumat (18/09/2020), Trump mengatakan, "Tujuh atau 8 negara Arab lainnya sedang berusaha untuk mencapai kesepakatan dengan Israel. Dan Kuwait bisa saja menjadi salah satu di antara mereka.”

Pernyataan ini juga dikuatkan oleh Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows. Ia mengkonfirmasikan bahwa negara-negara lain di Timur Tengah dan sekitarnya akan melakukan langkah normalisasi hubungan dengan Israel.

Meadows menambahkan bahwa lima negara tersebut sedang mempertimbangkan dengan serius tawaran untuk kembali “berbaikan” dengan Israel.

Namun demikian, baik Trump maupun Meadows tidak menyebutkan secara spesiik nama-nama negara tersebut. Meadows hanya mengatakan tiga negara nantinya akan berasal dari Timur Tengah dan dua lainnya berada di luar regional.

 (T.HN/S: Arabic.rt)

leave a reply
Posting terakhir