Buldoser Israel Rusak 200 Tanaman Petani Selfit

Yahudi ilegal ilegal kembali mengganggu para petani Palestina di Selfit. Dua ratus tanaman milik warga lenyap dirusak bulldozer Israel.

BY Edited Sun,20 Sep 2020,06:11 PM

Selfit, SPNA - Buldoser Israel, Sabtu (19/09/2020), menggarap tanpa izin lahan milik salah satu petani Palestina di Distrik Biddya, Selfit, Tepi Barat. Akibatnya 200 tanaman milik warga, Salim Khalil, rusak tanpa ganti rugi.

Dua ratus tanaman tersebut terdiri dari pohon Zaitun, tin, anggur, persik, jeruk nipis dan kacang almond. Sebagian tanaman bahkan ada yang telah berumur lebih dari 20 tahun.

Khalil mengatakan bahwa bertani adalah sumber pendapatan keluarganya. Kini ia mengaku kebingungan untuk mencari sumber rezeki yang baru.

Masih di Selfit, tidak kurang dari dua bulan lalu, tentara Israel juga mencabut 200 pohon zaitun milik warga di Ditrik Deir Istiya.

Dari media Palestina, Palinfo, diketahui terdapat 24 permukiman Yahudi yang dibangun ilegal di Selfit. Total wilyah yang telah dicaplok mencapai 70 persen. Otoritas Zionis terus berusaha memperluas dan memperbanyak permukiman Yahudi tersebut.

Keberadaan warga Yahudi ilegal di Tepi Barat bagai benalu bagi warga Palestina. Selain merebut tanah secara paksa mereka juga kerap merusak lahan pertanian. Hal itu agar para petani putus asa dan meninggalkan tanah milik mereka.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir