Arab Saudi Umumkan Langkah-langkah Baru Pelaksanaan Umrah

Sebagai bagian pencegahan COVID-19, barikade yang ditempatkan di sekitar Ka'bah dan Hajar Aswad akan tetap di tempatnya dan pengunjung akan dilarang menyentuhnya

BY Edited Thu,01 Oct 2020,11:18 AM

Riyadh, SPNA - Arab Saudi, Selasa (29/09/2020), mengumumkan langkah-langkah baru pelaksanaan umrah, yang ditangguhkan selama enam bulan akibat wabah COVID-19.

Sebagai bagian pencegahan COVID-19, barikade yang ditempatkan di sekitar Ka'bah dan Hajar Aswad akan tetap di tempatnya dan pengunjung akan dilarang menyentuhnya, kantor berita resmi SPA melaporkan.

Masjid al-Haram, tempat Ka'bah berada, akan didesinfeksi 10 kali sehari, kata SPA, seraya menambahkan bahwa ruang karantina sudah disiapkan untuk pengunjung yang menunjukkan gejala COVID-19.

Pekan lalu, Arab Saudi mengumumkan bahwa secara bertahap akan mencabut larangan perjalanan terkait COVID-19 untuk umrah mulai awal bulan Oktober.

Keputusan untuk mengizinkan dimulainya kembali Umrah, atau haji kecil yang dilakukan oleh umat Islam, muncul setelah penangguhan selama hampir enam bulan.

Mulai 4 Oktober, warga Saudi dan penduduk asing kerajaan akan diizinkan untuk melakukan umrah di Masjid al-Haram, atau Masjid Agung, di Makkah dengan kapasitas 30% atau 6.000 orang per hari.

Sementara itu, pada 18 Oktober, kerajaan Teluk itu akan mengizinkan 15.000 jemaah haji setiap hari untuk melakukan umrah dan sholat di Al-Masjid al-Nabawi, atau Masjid Nabawi, di Madinah.

SPA mengatakan, jamaah lokal dan internasional yang datang untuk umrah dan beribadah akan diterima mulai 1 November, sedangkan Masjid al-Haram dan Al-Masjid al-Nabawi akan dibuka untuk ibadah dalam kapasitas penuh dengan mengambil langkah-langkah perlindungan COVID-19.

Karena pandemi, haji tahun ini terbatas untuk mereka yang tinggal di Arab Saudi, dan jemaah haji dari luar negeri tidak diterima.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir

Langgar Petunjuk Pelaksanaan Haji Khusus, Arab Saudi Amankan Tiga Jemaah

Untuk menjamin keselamatan dan tidak tersebarnya virus Corona selama pelaksaaan ibadah haji berlangsung, Pemerintah Saudi berjanji akan mengambil langkah tegas terhadap jemaah yang tidak mematuhi peraturan. Sejauh ini, Otoritas Keamanan Saudi telah mengamankan tiga jemaah karena tidak mengantongi izin haji.