Bentrok di Tepi Barat, Belasan Warga Palestina Luka-luka

“Pasukan Israel menembaki warga yang menggelar aksi damai. 15 warga luka-luka akibat peluru tajam berlapis karet, sisanya cedera akibat gas air mata, ‘’

BY Edited Sun,04 Oct 2020,03:18 AM

Kafr Qadoum, SPNA – Belasan warga Palestina dilaporkan luka-luka dalam bentrok di Kafr Qadoum melawan pasukan Israel (IDF), Jum’at (02/10/2020).

Bentrok terjadi karena IDF  melakukan tindak kekerasan dalam  membubarkan massa  yang memperingati peristiwa Intifada serta menentang pencaplokan wilayah Palestina. 

“Pasukan Israel menembaki warga yang menggelar aksi damai. 15 luka-luka akibat peluru tajam berlapis karet,  sisanya cedera akibat gas air mata,‘’ ungkap juru bicara media Qalqiliya  Murad Shteiwi, seperti dilaporkan Rt Arabic.

Di Tulkarem belasan warga juga melakukan aksi demo dan  sholat Jum’at di lahan yang akan dicaplok Israel di Izbat Shufa. Warga sengaja melaksanakan sholat di lokasi demi mencegah perampasan lahan untuk pembangunan permukiman Yahudi. Aksi tersebut telah dilakukan selama 19 minggu terakhir.

Di kota Khalil demonstrasi juga terjadi  di Bab Zaweya, kota Khalil tengah dalam rangka menentang pencaplokan lahan warga Palestina. Warga dilaporkan cedera akibat gas air mata.

Aksi demo menentang pencaplokan terhadap lahan Palestina terjadi hampir setiap Jum'at di Tepi Barat menyusul rencana pembangunan 5400 unit perumahan ilegal Yahudi di Tepi Barat. Tak jarang aksi tersebut menelan korban luka-luka dan korban jiwa. 

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir