UNRWA Luncurkan Aplikasi Seluler 'Your Health' untuk Pengungsi Palestina

Aplikasi ini akan mendukung para pengungsi dan masyarakat umum, khususnya para penutur bahasa Arab, di seluruh dunia untuk mengukur status kesehatan mereka.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Fri,16 Oct 2020,01:07 AM

Amman, SPNA - Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) mengumumkan peluncuran inovasi terbarunya dalam aplikasi seluler bernama "Your Health with UNRWA".

Dengan featur berbahasa Arab, aplikasi ini bisa diunduh dan digunakan oleh para pengungsi Palestina dan masyarakat umum.

Pada tahun 2017, Departemen Kesehatan UNRWA pun telah mengembangkan buklet "Sadar Penyakit Tidak Menular (NCD)" untuk digunakan oleh pasien NCD. Memetik panduan dari buklet tersebut, aplikasi UNRWA ini dikembangkan dengan merangkul  Departemen Manajemen & Teknologi Informasi UNRWA dan dengan dukungan finansial dari Pemerintah Jepang dan World Diabetes Foundation (WDF) di Denmark. Atau dapat dikatakan, aplikasi terbaru ini adalah versi elektronik dari buklet NCD yang diluncurkan sebelumnya.

Direktur Departemen Kesehatan UNRWA, Dr. Akihiro Seita, mengatakan,  “Hari ini, kami merayakan pencapaian ini dengan mitra eksternal kami di Pemerintah Jepang dan WDF, dan mitra internal kami dari berbagai departemen dan program UNRWA baik di kantor pusat maupun di tingkat bidang."

“Aplikasi ponsel ini sangat unik. Isinya akan mendukung pasien NCD mengontrol kondisi kesehatan mereka. Sementara bagi pasien non NCD, mereka dapat memantau status kesehatannya untuk mencegah berkembangnya NCD di masa mendatang. Selain itu, aplikasi ini dirancang untuk digunakan oleh semua penutur bahasa Arab di seluruh dunia, ”tambahnya.

Aplikasi ini didukung oleh situs web yang ditunjuk dan memungkinkan pasien NCD yang terdaftar di Puskesmas UNRWA untuk mengakses catatan kesehatan elektronik mereka secara real time melalui sistem UNRWA e-Health. Materi kesadaran kesehatan di aplikasi dapat diakses  publik penutur bahasa Arab di seluruh dunia.

UNRWA adalah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang didirikan oleh Sidang Umum pada tahun 1949 dan diberi mandat untuk memberikan bantuan dan perlindungan bagi sekitar 5,6 juta pengungsi Palestina yang terdaftar di UNRWA di lima bidang operasinya. Misinya adalah membantu para pengungsi Palestina di Yordania, Lebanon, Suriah, Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur dan Jalur Gaza mencapai potensi pembangunan manusia sepenuhnya, sambil menunggu solusi yang adil dan langgeng atas penderitaan mereka.

(T.RA/S: PRC)

leave a reply
Posting terakhir