Lima Negara Eropa Tuntut Penghentian Pencaplokan di Tepi Barat

Rencana Israel untuk memperluas pencaplokan di Tepi Barat mendapat kecaman. Lima negara Eropa minta Israel segera hentikan kebijakan yang bertentangan dengan Undang-Undang Internasional itu.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,17 Oct 2020,10:00 AM

Tepi Barat, SPNA - Lima negara Eropa, Jumat (16/10/2020), meminta Isrel untuk segera menghentikan semua rencana pencaplokn di Tepi Barat.

 

Pernyataan tersebut disampaikan dalam sebuah deklarasi bersama Kementerina Luar Negeri (Kemenlu) Inggris, Perancis, Jerman, Italia dan Spanyol, pasca pengumuman Tel Aviv untuk membangun 4.948 hunian ielgal baru di Tepi Barat.

Deklarasi tersebut berbunyi, "Kami mengkahwatirkan keputusan Israel untuk membangun 4.900 hunian baru di permukiman ilegal Tepi Barat."

"Keputusan perluasan wilayah bertentangan dengan Undang-undang Internasional, dan mengancam perdamaian kedua negara."

Kebijakan ilegal baru Israel tersebut diumumkan pada hari Rabu (14/10/2020) lalu. Jika benar dilakukan, Ini akan menjadi proyek aneksasi terbesar di Tepi Barat sejak awal tahun.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

11 Negara Eropa Menuntut Israel Hentikan Pencaplokan Tepi Barat

Dilansir Rt Arabic (15/07) melalui petisi yang ditujukan kepada Komisaris Tinggi Uni Eropa untuk Kebijakan dan Keamanan Luar Negeri,  Josep Borrell, mereka mengatakan bahwa aneksasi oleh Israel terhadap wilayah Palestina di Tepi Barat  menimbulkan kekhawatiran besar bagi Uni Eropa.