Dewan Keamanan PBB Adakan Rapat Tertutup Terkait Azerbaijan dan Armenia

Dewan Keamanan PBB berencana mengadakan rapat tertutup untuk membahas sengketa Azerbaijan dan Armenia. Pertemuan itu merupakan inisiatif Rusia, Perancis dan Amerika Serikat.

BY Edited Sat,17 Oct 2020,10:00 AM

New York, SPNA - Beberapa sumber menyebutkan bahwa Dewan Keamanan PBB berencana mengadakan sidang tertutup untuk membahas perkembangan konflik Azerbaijan-Armenia di wilayah Karabakh, dikutip dari RT.Arabic, Jumat (16/10/2020).

Pertemuan tertutup yang direncanakan berlangsung pada Senin (19/10/2020) pukul 15:00, merupakan permintaan dari Rusia, Perancis dan Amerika Serikat.

Pada 27 September lalu, bentrokan bersenjata meletus di jalur kontak antara pasukan Azerbaijan dan Armenia di wilayah Karabakh dan daerah sekitarnya, dalam eskalasi paling berbahaya antara kedua pihak dalam lebih dari 20 tahun terakhir.

Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, telah berulang kali menekankan sejak dimulainya eskalasi ini bahwa satu-satunya syarat untuk menghentikan konflik adalah dengan pembebaskan tanah Azerbaijan yang diduduki.

Sementara itu, Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, yang mengumumkan bahwa Karabakh adalah tanah Armenia.

(T.HN/S: RT.Arabic)

 

leave a reply
Posting terakhir

Dewan Keamanan PBB Adakan Rapat Tertutup Bahas Ketegangan di Yerusalem

Pada hari Minggu, pasukan pendudukan Israel menangkap sebanyak sembilan penduduk Palestina dan melukai sejumlah jemaah, setelah mereka menyerbu Masjid Al-Aqsha dan memaksa jamaah muslim untuk mengosongkan sebagian besar kawasan di kompleks Al-Aqsha, untuk memberi jalan bagi para pemukim Yahudi.