Polisi Israel Dirikan Pos Pemeriksaan di Kota Ya’bad

Komunitas internasional menganggap pemukiman yahudi yang dibangun Israel tersebut ilegal menurut hukum internasional, meskipun Israel membantahnya. Pos pemeriksaan yang dibangun sendiri merupakan keniscayaan untuk melindungi pemukiman-pemukiman yang didirikan untuk tempat tinggal warga ilegal yahudi tersebut.

BY Edited Sun,18 Oct 2020,03:56 PM


Jenin, SPNA - Pasukan pendudukan Israel mendirikan pos pemeriksaan di persimpangan kota Ya'bad, barat daya Jenin pada Ahad (18/10/2020).

Sumber tempatan melaporkan bahwa pasukan pendudukan mendirikan pos pemeriksaan militer di jalan menuju Ya`bad dan Tulkarm, dan mulai menghentikan kendaraan, menggeledahnya, dan memeriksa identitas penumpangnya. Operasi ini tentu saja menyebabkan terhambatnya segala aktivitas dan pergerakan mereka.

Pasukan pendudukan terus menerus membangun ratusan pos pemeriksaan di Tepi Barat yang diduduki.  Hal ini menyebabkan setiap kota menjadi terisolasi satu sama lain, menghalangi pergerakan warga, serta mempermudah pasukan pendudukan untuk menangkap sebagian dari mereka.

Wilayah Tepi Barat dihuni lebih dari 2,6 juta penduduk, di mana lebih dari 80 persennya berketurunan Arab Palestina. Sementara sekitar 500 ribu yahudi Israel mulai memadati daerah tersebut, berpencar di berbagai titik pemukiman.

Komunitas internasional menganggap pemukiman Yahudi yang dibangun Israel tersebut ilegal menurut hukum internasional, meskipun Israel membantahnya. Pos pemeriksaan yang dibangun sendiri merupakan keniscayaan untuk melindungi pemukiman-pemukiman yang didirikan untuk tempat tinggal warga ilegal Yahudi tersebut.

(T.NA/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir