Korban Gempa Turki Meningkat

Korban tewas akibat gempa yang melanda pesisir barat Turki dan Yunani Jumat sore (30/10/2020) meningkat menjadi 25 orang, dimana lebih dari 804 orang terluka.

BY Edited Sat,31 Oct 2020,01:05 PM

Izmir, SPNA - Korban tewas akibat gempa yang melanda pesisir barat Turki dan Yunani Jumat sore (30/10/2020) meningkat menjadi 25 orang, dimana lebih dari 804 orang terluka.

Gempa yang berpusat di provinsi Izmir  tersebut menghancurkan beberapa bangunan. Guncangan juga dapat dirasakan sampai  ke Istanbul.

Pihak berwenang Turki menyebutkan bahwa kekuatan gempa mencapai 6,6 skala richter sehingga menyebabkan sekitar 20 bangunan runtuh, sedangkan US Geological Survey menyebutkan kekuatan gempa mencapai 7 skala richter serta  menyebabkan tsunami kecil yang mencapai pantai Pulau Samos di Yunani, dan pantai kota Izmir di Turki.

Wilayah tersebut sering dilanda Gempa bumi karena terletak di atas garis patahan  lempeng antar benua.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji untuk membantu keluarga para korban.

Sementara itu Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Republik Turki, Recep Tayyip Erdogan, atas musibah gempa yang melanda kota Izmir, Jum’at sore (30/10/2020).

“Kami mengikuti perkembangan laporan gempa bumi melanda kota Izmir dan daerah lain di Turki barat yang menelan banyak korban. Atas nama Negara Palestina dan rakyatnya, dan atas namanya sendiri, saya menyampaikan belasungkawa dan simpati terhadap pemerintah Turki,‘’ ujar Abbas seperti dikutip surat kabar resmi Palestina Wafanews.

Semoga Allah Swt, merahmati para korban jiwa dan segera menyembuhkan warga yang terluka serta mengucurkan kebaikan untuk bangsa Turki.

 

(T.RS/S:BBC)

leave a reply
Posting terakhir

Gempa Besar di Turki Telan Puluhan Korban Jiwa

Menurut laporan Lembaga Penanggulangan Bencana Turki "AFAD" Gempa berkekuatan 6.7 skala richter (SR) menghantam sejumlah wilayah di Provinsi Elazig dan Malatya serta beberapa wilayah lainnya dimana total gempa susulan mencapai 148 gempa.