Pasca Gempa di Izmir, Turki Tolak Bantuan Israel

Surat kabar Yediot Ahronot melaporkan, Sabtu malam bahwa pemerintah Turki menolak tawaran bantuan dan partisipasi Israel dalam menyelematkan korban gempa di Izmir dengan alasan bantuan Tel Aviv “tidak penting”.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sun,01 Nov 2020,09:27 AM

Istanbul, SPNA – Pemerintah Turki dilaporkan menolak bantuan Israel pasca gempa yang melanda kota Izmir Jumat lalu (30/10).

Surat kabar Yediot Ahronot melaporkan, Sabtu malam bahwa pemerintah Turki menolak tawaran bantuan dan partisipasi Israel dalam menyelematkan korban gempa di Izmir dengan alasan bantuan Tel Aviv “tidak penting”.

Sebelumnya Menteri Pertahanan Benny Gantz mengajukan tawaran bantuan untuk Turki dimana perwakilan militer Israel telah berbicara dengan militer Turki dalam menyelamatkan korban gempa.

Israel sempat membantu Turki dalam mengatasi bencana alam diantaranya dalam pemadaman kebakaran tahun 2010 dan 2016, serta bantuan gempa tahun 1999.

Ankara mengatakan bahwa gempa di pesisir barat Turki sampai saat ini telah menelan 35 korban jiwa dan ratusan korban uka-luka.

Gempa yang berpusat di provinsi Izmir  tersebut menghancurkan beberapa bangunan. Guncangan juga dapat dirasakan sampai  ke Istanbul.

Pihak berwenang Turki menyebutkan bahwa kekuatan gempa mencapai 6,6 skala richter sehingga menyebabkan sekitar 20 bangunan runtuh, sedangkan US Geological Survey menyebutkan kekuatan gempa mencapai 7 skala richter serta  menyebabkan tsunami kecil yang mencapai pantai Pulau Samos di Yunani, dan pantai kota Izmir di Turki.

Wilayah tersebut sering dilanda Gempa bumi karena terletak di atas garis patahan  lempeng antar benua.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir

Pasca Gempa, Presiden Palestina Sampaikan Belasungkawa untuk Turki

“Kami mengikuti perkembangan laporan gempa bumi melanda kota Izmir dan daerah lain di Turki barat yang menelan banyak korban. Atas nama Negara Palestina dan rakyatnya, dan atas namanya sendiri, saya menyampaikan belasungkawa dan simpati terhadap pemerintah Turki, ‘’ ujar Abbas seperti dikutip surat kabar resmi Palestina Wafanews

Gempa Besar di Turki Telan Puluhan Korban Jiwa

Menurut laporan Lembaga Penanggulangan Bencana Turki "AFAD" Gempa berkekuatan 6.7 skala richter (SR) menghantam sejumlah wilayah di Provinsi Elazig dan Malatya serta beberapa wilayah lainnya dimana total gempa susulan mencapai 148 gempa.