18% Tahanan Gaza di Penjara Israel Menderita Penyakit Kronis

Para tahanan tidak diberi akses berkala ke pemeriksaan laboratorium, akses ke x-ray dan tidak adanya tenaga medis untuk merawat mereka.

BY Edited Fri,13 Nov 2020,12:41 PM

Gaza, SPNA - Kepala Komisi Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan Palestina Hassan Quneita, Kamis (11/11/2020), mengumumkan bahwa sebanyak 18 persen dari tahanan Gaza di penjara Israel menderita penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan masalah tekanan darah dan lainnya.

Quneita menjelaskan bahwa otoritas Israel melakukan pelanggaran mencolok terhadap para tahanan Palestina, termasuk merampas hak mereka atas perawatan kesehatan, perlindungan dari penyakit menular dan non-diskriminasi.

"Para tahanan tidak diberi akses berkala ke pemeriksaan laboratorium, akses ke x-ray dan tidak adanya tenaga medis untuk merawat mereka, sementara tim medis khusus dari Kementerian Kesehatan Palestina dilarang mengunjungi atau merawat para tahanan atau melakukan operasi bedah. untuk mereka," jelasnya.

Quneita meminta organisasi hak asasi manusia Palestina, Arab dan internasional untuk menekan Israel agar menyelamatkan nyawa tahanan Palestina yang sakit dan mematuhi hukum humaniter internasional.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir

Dalam Rangka Hari Tahanan, 17 Tahanan Palestina Menderita Lebih 3 Dekade di Penjara Israel

Ia menjelasakan bahwa hal tersebut mengacu pada kesepakatan sebelumnya antara Palestina dan otoritas pendudukan Israel untuk membebaskan tahanan Palestina pada sembilan tahun lalu. Kesepakatan itut menyebutkan tentang pembebasan semua tahanan Palestina yang sudah lama mendekam di penjara dalam empat gelombang. Setelah otoritas pendudukan Israel membebaskan tiga gelombang, mereka menghentikan pembebasan gelombang keempat setelah negosiasi tersendat.