Tedros : Vaksin Saja Tidak akan Menghilangkan Pandemi COVID-19

Direktur WHO menegaskan bahwa vaksin saja tidak cukup untuk menghilangkan virus Corona. Pihak kesehatan nantinya tetap akan membutuhkan obat sampingan lainnya. Menurutnya, meski vaksin telah ditemukan, masih banyak ruang terbuka untuk virus menyebar.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,17 Nov 2020,09:31 AM

Jenewa, SPNA - Virus Corona terus menyebar sekian bulan setelah pertama kali ditemukan di China pada akhir Desember tahun lalu. Total korban diseluruh dunia hari ini telah mencapai 55 juta kasus dengan angka kematian mencapai 1,3 juta orang.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengonfirmasi, Senin (16/11/2020), bahwa vaksin saja tidak akan menghilangkan pandemi "COVID-19".

Tedros mengatakan, "Vaksin hanya akan melengkapi obat-obatan lainnya yang kami miliki."

Selian itu, Tedros juga menjelaskan kepada pihak mana vaksin nantinya akan dibagikan pertama kali. Vaksin akan diutamakan untuk petugas kesehatan, orang tua dan populasi rentan lainnya."

"Kami berharap ini akan mengurangi jumlah kematian dan memberi kesempatan kepada pihak kesehatan untuk mengatasinya," tambahnya.

Namun demikian, ia memperingatkan masih ada banyak ruang bagi virus untuk menyebar.

"Kami perlu terus memantau situasi, orang-orang masih harus menjalani tes, isolasi dan perawatan, dan masih ada kebutuhan untuk melacak orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien." Tutupnya.

(T.HN/S: Aawsat)

leave a reply
Posting terakhir