Tunisia Kembali Aktifkan Masjid Pekan Mendatang

Keberhasilan protokol kesehatan yang diterapkan sejak awal November lalu di Tunisia membuat pemerintah merubah kebijakannya terkait rumah ibadah. Warga sudah dapat kembali mendatangi masjid dan gereja pada hari Senin mendatang.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Thu,19 Nov 2020,09:41 AM

Tunis, SPNA - Menteri Agama Tunisia, Ahmad Adhum, Rabu (19/11/2020), mengumumkan bahwa Tunisia akan mengaktifkan kembali masjid-masjid untuk pelaksanaan shalat lima waktu berjamaah. Kebijakan tersebut akan mulai berlaku pada hari Senin pekan depan.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam sebuah pertemuan Komite Ilmiah untuk Pemberantasan Corona dengan para wartawan di Istana Pemerintah.

Namun demikian, Adhum menegaskan bahwa warga nantinya tetap masih diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan. Selain masjid, keputusan tersebut juga berlaku untuk rumah ibadah lainnnya yang ada di negara itu.

Sebelum tempat-tempat ibadah tersebut didatangi warga, pemerintah tambahny, akan terlebih dahulu melakukan sterilisasi. Serta akan menyediakan masker garatis untuk para jemaah.

Sedangkan terkait pelaksanaan shalat Jumat yang tentunya akan menyebabkan perkumpulan massa dalam jumlah yang cukup besar, pemerintah sampai saat ini belum mengambil keputusan. Keputusannya akan dinilai sesuai kepatuhan warga dalam mematuhi peraturan kesehatan saat melaksanakan shalat lima waktu selain Jumat.

Perubahan sikap pemerintah terkait rumah ibadah ini, dipahami dari pernyataan Menteri Kesehatan Tunis, Fauzi Mahdi, sehari sebelumnya, merupakan efek dari keberhasilan protokol kesehatan yang diwajibakan oleh Pemerintah sejak awal November.

Dikutip dari Worldometers, total korban infeksi corona di Tunisia per hari ini, Kamis (19/11/2020)  83.772 orang, dengan angka kematian 2.541 orang.

(T.HN/S: Qudspress)

 

leave a reply
Posting terakhir