Iran: Kepemilikan Senjata Nuklir Rahasia Ancaman Serius Stabilitas Dunia dan Timur Tengah

Ia menekankan bahwa memaksa Israel secara langsung dan tanpa syarat ke Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir dan menjadikan semua bahan nuklir, kegiatan, dan fasilitasnya ke IAEA adalah satu-satunya langkah untuk menghadapi krisis nuklir di kawasan Timur Tengah.

BY Edited Sat,21 Nov 2020,10:54 AM

Teheran, SPNA – Perwakilan Iran untuk Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), Kazem Gharib Abadi, pada Jumat (20/11), menjelaskan bahwa kepemilikan Israel atas kemampuan nuklir rahasia dan pengabaian Israel terhadap hukum dan norma internasional, merupakan ancaman serius bagi keamanan dan stabilitas dunia dan Kawasan Timur Tengah.

Iran telah memperbarui permintaannya untuk aneksasi segera dan tanpa syarat dari Israel ke Perjanjian Non-Proliferasi (NPT) Senjata Nuklir dan menjadikan semua aktivitasnya dalam pengawasan dan pengamanan IAEA secara komprehensif.

Kazem Gharib Abadi mengatakan dalam pidatonya selama pertemuan kuartal Dewan Gubernur Badan Energi Atom Internasional tersebut bahwa Israel sebagai satu-satunya pihak yang bukan anggota NPT di Timur Tengah yang dapat menghambat proses globalisasi Perjanjian Non-Proliferasi (NPT) Senjata Nuklir ini.

Ia menekankan bahwa memaksa Israel secara langsung dan tanpa syarat ke Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir dan menjadikan semua bahan nuklir, kegiatan, dan fasilitasnya ke IAEA adalah satu-satunya langkah untuk menghadapi krisis nuklir di kawasan Timur Tengah.

Delegasi Iran juga menjelaskan, “Penolakan untuk bergabung dengan perjanjian NPT dan tidak menyetujui perjanjian perlindungan komprehensif dengan badan atom tersebut telah menjadi alasan untuk menghindari beban pelaksanaan penuh kewajiban dan tunduk pada verifikasi proses perdamaian.”

(T.NA/S: Sana)

leave a reply
Posting terakhir

Rusia dan Israel Diskusikan Masalah Stabilitas Timur Tengah

Dalam pernyataan singkat kepada wartawan, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa kedua menteri tersebut telah membahas beberapa masalah selama panggilan telepon. Sejumlah masalah tersebut di antaranya merupakan masalah-masalah yang berkaitan dengan keterlibatan Rusia dan Israel dalam memastikan stabilitas di kawasan Timur Tengah.

Rusia Kembali Tegaskan Serangan Israel ke Suriah Rusak Stabilitas Timur Tengah

Maria Zakharova menegaskan kembali perlunya menghormati kedaulatan dan keamanan teritorial Suriah. Alat pertahanan udara Tentara Arab Suriah pada hari Jumat (25/12/2020) menghadapi agresi Israel, melalui rentetan rudal yang ditembakkan ke daerah Masyaf, Hama. Sebagian besar rudal yang ditembakkan Israel berhasil dijatuhkan pertahanan udara Suriah.