5 Warga Palestina Cedera dalam Bentrokan di Komplek Makam Yusuf

Kunjungan pemukim Yahudi Israel ke Makam Yusuf memancing bentrokan antara warga dengan militer Zionis. Lima warga dilaporkan luka-luka.

BY Edited Thu,03 Dec 2020,11:00 AM

Tepi Barat, SPNA - Sebuah bentrokan, Rabu malam (02/12/2020), kembali terjadi di kompleks makam Yusuf, Neblus. Lima warga Palestina dilaporkan cedera dalam insiden tersebut.

Media lokal menyebutkan bahwa konfrontasi dipicu oleh kunjungan pemukim Yahudi Israel ke tempat tersebut untuk melakukan ritual talmud.

Satu di antara lima korban mengalami luka di bagian dada terkena peluru berlapis karet milik militer Israel.

Selain itu, menurut saksi mata, militer Israel juga melakukan pemukulan terhadap supir truk yang ingin mensuplai barang ke salah satu pasar di wilayah itu.

Untuk mengamankan pemukim Yahudi yang ingin mengunjungi Makam Yusuf, puluhan militer Israel dikerahkan.

Kunjungan tersebut tidak diinginkan oleh warga Palestina setempat. Karena dianggap merupakan langkah awal Israel untuk menguasai tempat itu.

Bagi warga Yahudi, Makam Yusuf diyakini sebagai tempat di mana nabi Yusuf As. dikuburkan. Ahli arkeologi membantah hal itu. Pasalnya kubur tersebut masih berumur ratusan tahun.

Menurut para ahli tantang kehidupan kuno itu, makam tersebut bukanlah tempat di mana Nabi Yusuf As. dikuburkan. Namun merupakan kubur seorang ulama Palestina yang  bernama Yusuf Ad-Duwaikat.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir