Komisaris Jenderal UNRWA Resmikan Gedung Baru Pusat Kesehatan Sabra di Gaza

Pembangunan Pusan Kesehatan ini merupakan bagian dari pendanaan Kerajaan Arab Saudi melalui Saudi Fund for Development (SFD).

BY Edited Thu,03 Dec 2020,02:31 PM

Gaza, SPNA - Pada kunjungan pertamanya ke Gaza dalam kapasitasnya sebagai Komisaris Jenderal Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), Philippe Lazzarini meresmikan sebuah gedung baru di dalam Pusat Kesehatan Sabra, di selatan kota Gaza, Sabtu (28/11/2020)

Menurut siaran pers UNRWA, Direktur Urusan UNRWA di Gaza, Matthias Schmale, dan anggota staf senior UNRWA lainnya juga menghadiri upacara pembukaan tersebut.

Pembangunan Pusat Kesehatan Sabra dimungkinkan berkat pendanaan dari Kerajaan Arab Saudi (KSA) melalui Saudi Fund for Development (SFD) sebagai bagian dari kontribusi US $ 31 juta negara tersebut. Perjanjian antara UNRWA dan SFD ditandatangani pada November 2018 dan termasuk pembangunan Pusat Kesehatan Sabra, pembangunan dua sekolah, pemeliharaan gedung UNRWA, rekonstruksi lebih dari 250 tempat penampungan yang hancur total dan penyediaan bahan bakar untuk air, sanitasi dan kesehatan ( WASH) di Gaza.

Gedung yang baru diresmikan di Pusat Kesehatan Sabra dimungkinkan untuk menampung lebih dari 10.000 pengungsi Palestina terdaftar yang berada di wilayah Shujaeia, El-Turkman, Zaitoun, Sabra, Tel al-Hawa, Rimal Selatan dan Jalan Omar al-Mokhtar dengan layanan kesehatan primer yang berkualitas. Pusat Kesehatan ini menyediakan ruangan untuk keluarga berencana, perawatan pra persalinan dan perawatan ibu-bayi, dan konsultasi untuk penyakit tidak menular. Fasilitas baru ini juga mencakup unit perawatan gigi, layanan laboratorium, fisioterapi, psiko-sosial dan konseling. Selain itu, layanan kesehatan dan gigi diberikan kepada sekolah-sekolah yang berlokasi di kamp-kamp melalui tim keliling terpisah yang berkoordinasi dengan puskesmas.

“Sangat menarik untuk melihat bagaimana blokade selama bertahun-tahun dan konflik yang berulang telah mempengaruhi setiap aspek kehidupan di Gaza,” kata Lazzarini. “Sektor kesehatan sangat lemah dan infrastrukturnya membutuhkan perawatan yang serius. COVID-19 menambah tekanan pada struktur kesehatan. Kontribusi terbaru Arab Saudi ini akan membantu ribuan pengungsi Palestina untuk tetap sehat. UNRWA berterima kasih kepada SFD karena telah menjadi mitra yang dapat diandalkan dan teman pengungsi Palestina pada saat dibutuhkan.”

(T.RA/S: PRC)

leave a reply
Posting terakhir

Komisaris Jenderal UNRWA mengundurkan diri

Pierre Krahenbuhl mengumumkan pengunduran diri dari badan PBB yang menaungi 5,5 juta pengungsi Palestina, UNRWA. Keputusan itu diambil setelah ia tertuduh memanfaatkan jabatan tersebut untuk kepentingan pribadi