Belasan Ribu Warga Yerusalem Laksanakan Shalat Jumat di Masjid Al-Aqsa

Muslim Palestina Tepi Barat dalam jumlah besar hadiri pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid Al-Aqsa. Dalam khutbah, khatib meminta warga terus waspada terhadap rencana Israel untuk menguasai Masjid tersebut.

BY Edited Sat,05 Dec 2020,10:37 AM

Tepi Barat, SPNA - Sekitar 15 ribu warga Palestina Yerusalem (Al-Quds), Jumat (04/12/2020), berbondong-bondong lakukan shalat Jumat di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem.

Dikutip dari media lokal Palestina, Palinfo, jemaah dalam jumlah besar tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker. Puluhan jemaah bahkan dengan sukarela menertibkan jemaah yang datang agar tidak melanggar maklumat Otoritas Kesehatan terkait penanggulangan penyebaran virus Corona.

Syekh Muhammad Husein, salah satu ulama Palestina, dalam khutbahnya mengajak warga untuk terus menjaga masjid Al-Aqsa dari tangan jahil Israel.

Ia mengatakan bahwa Israel terus menyusun recanan jahat untuk merebut masjid kiblat pertama umat Islam itu dari tangan muslim Yerusalem.

"Masjid Al-Aqsa tidak memiliki tempat kecuali di Al-Quds dan di hati umat Islam, dalam korodor akidah Islam," ucapnya.

Namun demikian, Syekh Husein percaya bahwa Israel tidak akan pernah sanggup menguasai Masjid Al-Aqsa, selama warga muslim Palestina terus mendatangi masjid tersebut di setiap kesempatan.

Perlu diktahui bahwa salah satu poros konfilk Palestina-Israel di Tepi Barat adalah Masjid Al-Aqsa. Israel secara teratur mengatur rencana mereka untuk menguasai masjid tersuci nomor tiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi itu.

Beberapa pekan lalu, Komunitas Yahudi Kuil Sulaiman sempat menyampaikan keinginan mereka untuk mendirikan sekolah Yahudi di Masjid Al-Aqsa. Dengan tujuan setiap kali warga Yahudi datang ke Masjid Al-Aqsa mereka mendapatkan bimbingan rohani dari para pendeta mereka.

Rencana tersebut menimbulkan protes besar dari warga Muslim Yerusalem. Salah satu usaha yang dapat mereka lakukan adalah dengan selalu meramaikan momen-momen penting di Masjid Al-Aqsa. Termasuk di antaranya shalat lima waktu dan momen shalat Jumat seminggu sekali.

(T.HN/S: Palinfo)

 

leave a reply
Posting terakhir