Otoritas Penjara Israel Abaikan Tahanan Palestina Penderita Leukemia

Pihak penjara Israel kembali dikritik karena mengabaikan seorang tahanan Palestina penderita kanker darah. Disebutkan terdapat sekitar 300 pasien penyakit kronis dari warga Palestina yang berstatus tahanan Israel.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Mon,11 Jan 2021,09:50 AM

Tepi Barat, SPNA - Komite Perlindungan Tahanan Palestina, Minggu (10/01/2021), meminta pihak penjara Israel bertanggung jawab atas keselamatan Husein Musalamah (37 tahun), salah satu tahanan Palestina yang belakangan diketahui mengalami kanker darah (leukemia).

Dalam sebuah pernyataan yang dikelurkan pada hari Minggu kemarin, Komite tersebut menyebutkan bahwa tahanan Palestina itu mengeluhkan sakit di bagian lambung sejak dua bulan terakhir.

Namun demikian pihak penjara terlihat sengaja memperlambat proses rujukannya ke rumah sakit. Yang pada akhirnya ia divonis mengami kanker darah.

Komite Perlindungan Tahanan Palestina juga menyampaikan kegelisahannya terhadap keselamatan warga Palestina lainnya yang sedang berada di balik jeruju besi Israel. Kasus Husein Al-Musalamah ini dapat menjadi gambaran umum tentang buruknya pelayanan kesehatan pihak penjara Israel.

Husein Al-Musalamah merupakan warga Palestina yang berasal dari Bethlehem. Ia sudah mendekam di penjara Israel sejak tahun 2002 dengan vonis 20 tahun penjara.

Perlu diketahui terdapat sekitar 700 tahanan Palestina yang sakit di penjara Israel. Termasuk di antara mereka 300 orang sedang berjuang melawan penyakit kronis.

(T.HN/S: Qudspress.com)

leave a reply