Idap Penyakit Kronis Saat di Penjara Israel, Seorang Mantan Tahanan Palestina Meninggal

Seorang warga Palestina mantan tahanan di penjara Israel dilaporkan meninggal dunia. Ia disebutkan meninggal akibat penyakit yang ia dapatkan saat berada di penjara Israel.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,12 Jan 2021,09:43 AM

Yerusalem, SPNA - Seorang warga Palestina, Muhammad Iyadah Shalahuddin (20 tahun), Senin (11/01/2021), meninggal dunia akibat penyakit yang ia dapatkan saat berada di penjara Israel. Pihak penjara saat itu sengaja mengabaikan kesehatannya yang kemudian menjadikan penyakitnya kian kronis.

Komite Perlindungan Tahanan Palestina menyatakan bahwa Muhammad Iyadah baru saja dibebeskan beberapa bulan lalu, setelah penyakit yang ia derita bertambah parah. Otoritas penjara Zionis tidak memberikan pelayanan kesehatan yang layak, bahkan terkesan tidak memperdulikan nasib para tahanan yang sakit.

Liwa Al-Qadri Abu Bakar, Pimpinan Komite tersebut mengatakan bahwa pemerintah Israel harus bertanggung jawab atas keselamatan nyawa para tahanan Palestina di penjara Israel. Menurutnya Israel baru saja melakukan tindak pidana terhadap Muhammad Iyadah.

Dalam pernyataannya, Komite tersebut juga mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga Muhammad Iyadah.

Kasus ini disebutkan dapat dijadikan sebagai gambaran umum tentang kehidupan yang dijalani warga Palestina di penjara Israel. Selain Muhammad Iyadah masih terdapat ratusan tahanan sakit lainnya yang tidak mendapatkan perhatian medis.

Perlu diketahui terdapat sekitar 700 tahanan Palestina yang sakit di penjara Israel. Termasuk di antara mereka 300 orang sedang berjuang melawan penyakit kronis.

(T.HN/S: Qudspress.com)

leave a reply
Posting terakhir