Palestina akan Gelar Pemilu Pertama dalam 14 Tahun Terakhir

Berdasarkan keputusan presiden, pemilihan parlemen akan diadakan pada 22 Mei, pemilihan presiden pada 31 Juli, dan pemilihan Dewan Nasional Palestina pada 31 Agustus.

BY Edited Sun,17 Jan 2021,11:19 AM

Ramallah, SPNA - Mengakhiri 14 tahun tanpa pemilihan umum, musim semi dan musim panas tahun ini, warga Palestina akan menggelar tiga pemilihan, pemilihan parlemen, pemilihan presiden dan Dewan Nasional. Ini berdasarkan pada keputusan yang ditandatangani oleh presiden Palestina pada hari Jumat (15/0/2021), Anadolu Agency melaporkan.

Di bawah keputusan tersebut, pemilihan parlemen akan diadakan pada 22 Mei, pemilihan presiden pada 31 Juli, dan pemilihan Dewan Nasional Palestina pada 31 Agustus.

Mahmoud Abbas melakukan seremonial penandatanganan dekrit tersebut saat bertemu dengan Hanna Nasser, ketua Komisi Pemilihan Umum Pusat (CEC), di kantor kepresidenan di Ramallah di Tepi Barat, seperti dilaporkan kantor berita resmi Palestina WAFA melaporkan.

Kelompok Palestina Hamas dan Fatah telah berselisih sejak Hamas merebut Jalur Gaza dari saingannya pada 2007, tetapi September lalu mereka bertemu di Turki dan setuju untuk mengadakan pemilihan parlemen dan presiden.

Pada 31 Desember lalu, pemimpin senior Hamas Ismail Haniyeh mengirimi Abbas surat resmi untuk mengakhiri perpecahan internal Palestina dan mengadakan pemilihan umum di wilayah Palestina.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir