Bom Bunuh Diri Guncang Bagdad, 32 Warga Meninggal Dunia

Insiden bom bunuh diri di Irak menewaskan 32 warga sipil. Pihak keamanan sempat melakukan pengejaran sebelum pelaku berhasil melakukan aksinya.

BY Edited Fri,22 Jan 2021,12:56 PM

Bagdad, SPNA - Pemerintah Irak mengumumkan lebih dari 30 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka akibat dua bom bunuh diri yang mengguncang pusat ibu kota, Baghdad, Kamis (21/01/2021).

Menteri Kesehatan Irak Hassan Al-Tamimi kemudian pada hari yang sama menyatakan dalam pernyataan pers bahwa jumlah korban tewas akibat serangan ganda itu meningkat menjadi 32 orang tewas dan 110 luka-luka.

Media melaporkan seseorang melakukan aksi bunuh diri di pasar pakaian yang ramai di Tayaran Square di pusat kota Bagdad. Tidak lama berselang, ledakan bunuh diri kedua kembali berlangsung hanya beberapa ratus meter dari tempat kejadian pertama, tepatnya di kawasan Bab Asy-Syarqi, Bagdad.

Sementara Juru bicara Panglima Militer Irak, Yahya Rasul Abdullah, menjelaskan bahwa pihak keamanan sempat melakukan pengejaran terhadap kedua korban sebelum akhirnya meledakkan dirinya.

Dikutip dari Arabic.rt, pasca kejadian pihak keamanan negara langsung menutup setiapjalan menuju zona hijau tempat berdirinya gedung-gedung pemerintahan. Akses masuk hanya diizinkan kepada orang-orang tertentu saja.

Sementara itu, kelompok militan ISIS (Negara Islam Irak dan Syam), Kamis (21/01/2021), mengklaim sebagai dalang di balik insiden dua bom bunuh diri di Ibu Kota Bagdad.

Dalam pernyataannya melalui media resminya, ISIS menuliskan bahwa aksi tersebut dilakukan oleh dua anggota mereka, Abu Yusuf Al-Anshariy di Pasar Tayaran Square dan Muhammad Arif Al-Muhajir di Kawasan Bab Asy-Syarqi.

Menanggapi kejadian ini, Mushthafa Al-Kadhimiy, Perdana Menteri Irak, telah mengeluarkan perintah kepada keamanan negara untuk melakukan pengejaran terhadap anggota ISIS lainnya yang tersisa. Serta memperketat penjagaan demi menyelamatakn nyawa warga.

(T.HN/S: Arabic.rt)

leave a reply
Posting terakhir