Presiden Guinea Khatulistiwa Sambut Baik Kerja Sama dengan Israel

Presiden Guinea Khatulistiwa, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo mengumumkan rencana relokasi kedutaan negaranya ke Al-Quds, sebuah langkah mendukung kekuasaan Israel terhadap kota suci umat beragama tersebut

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sun,21 Feb 2021,11:44 AM

Tel Aviv, SPNA - Presiden Guinea Khatulistiwa, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo mengumumkan rencana relokasi kedutaan negaranya ke Al-Quds, sebuah langkah mendukung kekuasaan Israel terhadap kota suci umat beragama tersebut, Rt Arabic melaporkan, Sabtu (20/02/2021).  

Langkah ini disambut positif oeh Perdana Menteri Benyamin Netanyahu, dengan menyatakan bahwa Israel akan menjalin kerjasama dengan negara-negara Afrika. “Israel berhutang budi kepada Afrika,‘’ ucapnya melalui sambungan telepon bersama Presiden Teodoro.

Dilain pihak, Presiden Teodoro menegaskan bahwa Afrika akan membuka tangan bagi Israel.

Berikut ini beberapa daftar negara yang merelokasi kedubes mereka ke Al-Quds :

1. Amerika Serikat

Pada Akhir 2017, AS memberikan pernyataan resmi bahwa Al-Quds adalah ibukota Israel, lalu merelokasi kedubesnya dari Tel Aviv pada Maret 2018.

2. Guatemala

Negara kedua yang mengikuti jejak AS adalah Guatemala. Negara ini juga negara kedua yang mengakui kemerdekaan Israel pada tahun 1948 setelah AS.

3. Paraguay

Mantan Presiden Horacio Cortez sempat merelokasi kedubesnya ke Al-Quds namun pemerintah berkuasa saat ini yang dipimpin Mario Betinez mengembalikannya ke Tel Aviv. Langkah ini membuat Netanyahu memutuskan hubungan dengan Paraguay.

4. Hungaria

Pemerintahan Viktor Orban membuka Biro Dagang Hungaria di Al-Quds pada Maret 2019 lalu yang menjadi perpanjangan tangan Kedubes Hungaria di Tel Aviv.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir