11 Orang Tewas Akibat Longsor di Sebuah Tambang Emas

Longsor yang terjadi di sebuah pertambangan di Burkina Faso menyebabkan sebelah orang tewas dan puluhan luka-luka. Insiden mematikan itu disebabkan bahan peledak yang mereka gunakan saat melakukan eksplorasi.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,02 Mar 2021,10:20 AM

Ouagadougou, SPNA - Otoritas lokal di wilayah Bam, Burkina Faso utara, mengatakan bahwa 11 penambang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat tanah longsor di sebuah tambang emas, lansir Arabic.rt.com, Senin (01/03/2021).

Dalam pernyataannya, pemerintah setempat mengatakan, "sebuah situs penambangan emas yang terletak di kawasan Bam mengalami longsor akibat penggunaan bahan peledak dalam operasi eksplorasi."

Pasca kejadian Pihak Pengamanan Publik langsung turun ke lapangan untuk mencari korban. Proses pencarian korban akhirnya dihentikan karena ditakutkan akan terjadi longsor susulan.

"Sejumlah mayat berhasil ditemukan selama operasi pencarian, yang dihentikan karena kekhawatiran akan tanah longsor lainnya," sebut otoritas setempat.

Perlu diketahui bahwa aktivitas pertambangan di sejumlah negara Afrika dalam beberapa tahun terakhir meningkat tajam. Data pemerintah menunjukkan bahwa negara Afrika mampu menghasilkan hampir 60 ton logam mulia dalam setahun, meningkat sekitar 20% dibandingkan tahun sebelumnya.

(T.HN/S: Arabic.rt)

leave a reply
Posting terakhir