Ratusan Anggota Parlemen Eropa Tuntut Israel Berhenti Menjarah Lahan Palestina

“Perkembangan situasi di Palestina dengan jelas menunjukkan bahwa Israel berupaya memberlakukan kebijakan de facto di Tepi Barat melalui ekspansi hunian ilegal serta menggusur bangunan Palestina. Meskipun dunia menghadapi pandemi namun Israel justru menggusur warga Palestina besar-besaran tahun 2020 lalu

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,02 Mar 2021,12:59 PM

Brussel, SPNA – Ratusan Anggota Parlemen Eropa menuntut Israel agar berhenti menjarah properti warga Palestina.

Sebanyak 442 anggota Parlemen dari 20 negara Eropa menandatangani petisi menyerukan pemerintah mereka memanfaatkan masa kepemimpinan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat guna menghentikan penjarahan di Palestina.

Diantara mereka adalah Jeremy Corbin, Mantan Pemimpin Partai Buruh Inggris dan Jean-Luc Mélenchon dari kelompok garis kiri Prancis.

 “Perkembangan situasi di Palestina dengan jelas menunjukkan bahwa Israel berupaya memberlakukan kebijakan de facto di Tepi Barat melalui ekspansi hunian ilegal serta menggusur bangunan Palestina. Meskipun dunia menghadapi pandemi namun Israel justru menggusur warga Palestina besar-besaran tahun 2020 lalu,‘’ tulis petisi itu seperti dikutip France24,  Selasa (02/03/2021).

Jum’at lalu negara-negara Eropa di Dewa Keamanan PBB juga menyerukan Israel agar menghentikan penggusuran permukiman badui di Dataran Tinggi Golan.

Estonia, Prancis, Irlandia, Norwegia dan Inggris  juga menyampaikan kekhawatiran atas aneksasi lahan Palestina yang dilakukan Israel dalam beberapa waktu terakhir.

Israel menduduki Tepi Barat dan Al-Quds timur pada tahun 1967. Wilayah tersebut hari ini dihuni sekitar 3,1 juta warga Palestina dan 675.000 warga Israel.

Penduduk Israel sendiri tinggal di hunian ilegal berdasarkan hukum internasional. Beberapa tahun terakhir, Israel dibawah pemerintah Netanyahu melakukan ekspansi hunian ilegal besar-besaran setelah mendapat restu dari Mantan Presiden AS Donald Trump.

Di lain pihak, Presiden AS yang baru dilantik Joe Biden justru mengkritik keras hunian ilegal Yahudi. Karena itu naiknnya Biden dinilai menjadi  kesempatan besar untuk menentang ekspansi hunian ilegal di wilayah Palestina.

(T.RS/S:France24)

leave a reply
Posting terakhir

Laporan: Israel Menjarah Ribuan Situs Arkeologi Palestina

Dirjen Lembaga  Perlindungan Peninggalan Sejarah Palestina, Kementerian Pariwisata, Salih Tawafsheh mengatakan bahwa sejak 1967,  otoritas pendudukan Israel telah menerapkan kebijakan sistematis  untuk  mencuri dan menjarah peninggalan milik bangsa sejarah Palestina.