Jerusalem Post: Sejumlah Pejabat Tinggi Israel Terancam akan Ditangkap Sebagai Bagian dari Penyelidikan ICC

Surat kabar tersebut menyebutkan bahwa selain Netanyahu, Pengadilan Internasional juga akan menangkap Mantan Menteri Pertahanan Moshe Ya'alon, dan Mantan Kepala Staf Angkatan Darat Israel Benny Gantz yang juga merupakan Menteri Pertahanan saat ini. Mereka bersama sejumlah panglima Angkatan darat lainnya diancam akan ditangkap sehubungan dengan penyelidikan kejahatan perang yang dilakukan oleh Pengadilan Internasional di Yerusalem Timur, Tepi Barat dan Jalur Gaza sejak 13 Juni 2014.

BY Edited Sat,06 Mar 2021,08:41 AM

Tel Aviv, SPNA - Surat kabar Jerusalem Post pada Jumat (05/03/2021), mengatakan bahwa sejumlah pejabat tinggi Israel akan mendapat surat perintah penangkapan oleh Mahkamah Pidana Internasional (ICC) di Den Haag, termasuk Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Surat kabar tersebut menyebutkan bahwa selain Netanyahu, Pengadilan Internasional juga akan menangkap Mantan Menteri Pertahanan Moshe Ya'alon, dan Mantan Kepala Staf Angkatan Darat Israel Benny Gantz yang juga merupakan Menteri Pertahanan saat ini. Mereka bersama sejumlah panglima Angkatan darat lainnya diancam akan ditangkap sehubungan dengan penyelidikan kejahatan perang yang dilakukan oleh Mahkamah Pidana Internasional di Yerusalem Timur, Tepi Barat dan Jalur Gaza sejak 13 Juni 2014.

Jerusalem Post menyebutkan bahwa tidak jelas sejauh mana ICC akan mengidentifikasi para komandan lapangan Israel, sehubungan dengan adanya beberapa pengecualian, seperti Brigadir Jenderal Ofer Winter, yang berulang kali berbicara kepada media tentang partisipasinya dalam Pertempuran Black Friday pada 1 Agustus 2014. Pertempuran ini sendiri disebut sebagai pertempuran paling berdarah dalam melawan warga sipil Palestina.

Winter diselidiki oleh Israel Defense Forces (IDF) dan promosinya ditangguhkan untuk waktu yang lama, tetapi dia dibebaskan setelah penyelidikan terperinci pada tahun 2018 oleh Jaksa Agung IDF, Sharon Avik.

ICC juga disebut akan menargetkan sejumlah kecil perwira lain yang namanya diungkapkan dalam penyelidikan militer Israel atau kebocoran media.

Ketua Jaksa ICC, Fatou Bensouda, mengatakan ada “dasar yang masuk akal” untuk percaya akan adanya kejahatan yang dilakukan oleh anggota Pasukan Pertahanan Israel, otoritas Israel, Hamas, maupun faksi bersenjata Palestina selama perang Gaza 2014.

(T.NA/S: RT Arabic)

leave a reply
Posting terakhir

Yahudi Radikal Serang Fotografer Jerusalem Post

Insiden itu terjadi ketika Salem mencoba mengambil gambar para siswa dari komunitas Yahudi ultra-Ortodoks, Haredim, yang saat itu tetap melanjutkan kegiatan persekolahan mereka di tengah keputusan pemerintah untuk menutup lembaga pendidikan yang terletak di daerah yang terkena dampak Corona.