Pasukan Israel Menghalangi Akses Jemaah Menuju Masjid Al-Aqsa dan Menaham 5 dari Mereka

Bentrokan juga terjadi setelah shalat Jumat di area Gerbang Singa (Bab Al-Asbat), di sisi timur situs suci. Pasukan pendudukan memaksa jemaah untuk keluar dari kompleks dan menembakkan granat kejut untuk membubarkan mereka.

BY Edited Sun,14 Mar 2021,12:49 AM

Yerusalem, SPNA - Para saksi mata mengungkapkan, pasukan pendudukan Israel pada Jumat (12/03/2021), menghalangi ratusan jemaah Palestina untuk masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa, di Kota Tua Yerusalem yang diduduki dan menahan lima dari mereka.

Polisi juga dilaporkan bentrok dengan jemaah setelah shalat Jumat di area Gerbang Singa (Bab Al-Asbat), di sisi timur situs suci. Mereka memaksa jemaah untuk keluar dari kompleks dan menembakkan granat kejut untuk membubarkan mereka.

Dilaporkan pula bahwa terjadi insiden pemukulan dan serangan fisik terhadap jemaah oleh polisi Israel.

Setidaknya 321 jemaah yang memasuki Yerusalem dari Tepi Barat yang diduduki untuk sholat Jumat juga ditolak mengakses situs suci oleh polisi, dan diminta mereka untuk kembali ke Tepi Barat.

Departemen Wakaf Islam yang dikelola Yordania, penjaga situs suci Muslim dan Kristen di Yerusalem, memperkirakan bahwa sekitar 20.000 jemaah dapat melakukan sholat Jumat di situs suci tersebut meskipun ada larangan Israel.

Israel merebut dan mencaplok Yerusalem Timur, tempat kompleks itu berada, selama perang 1967 dalam suatu tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas global.

(T.RA/S: WAFA)

leave a reply
Posting terakhir