Yerusalem Diguncang Demontrasi Terbesar Anti Netanyahu Sejak Awal Protes Digelar

Demonstrasi juga terjadi di depan rumah pribadi Netanyahu di Kaisarea dan di persimpangan besar lainnya. Para peserta aksi demontrasi membawa berbagai spanduk yang menyerukan agar masyarakat tidak memilih Netanyahu.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,23 Mar 2021,10:13 AM

Tel Aviv, SPNA – Yerusalem, pada Sabtu (20/03/2021), mencatat aksi demonstrasi terbesar anti Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sejak awal protes digelar. Protes massal yang telah terjadi selama tiga puluh sembilan minggu berturut-turut ini dilakukan untuk melawan Benjamin Netanyahu yang menghadapi tuduhan korupsi dan pelanggaran kepercayaan.

Media Israel menyebutkan bahwa jumlah demonstran di Yerusalem terus bertambah dan mencapai hampir dua puluh ribu orang. Media Israel juga menyebut bahwa protes ini diklaim sebagai aksi terbesar sejak protes terhadap Netanyahu dimulai tahun lalu.

Demonstrasi juga terjadi di depan rumah pribadi Netanyahu di Kaisarea dan di persimpangan besar lainnya. Para peserta aksi demontrasi membawa berbagai spanduk yang menyerukan agar masyarakat tidak memilih Netanyahu.

Demonstrasi ini terjadi tiga hari sebelum pemilihan Knesset yang keempat dalam waktu kurang dari dua tahun, di tengah keraguan kemampuan Netanyahu untuk membentuk koalisi pemerintah.

Netanyahu menghadapi berbagai kasus korupsi, termasuk kassus “4000”, yang mencakup tuduhan bahwa Netanyahu menggunakan kekuatannya untuk meloloskan peraturan regulasi bernilai ratusan juta dollar kepada perusahaan telekomunikasi milik Shaul Elovitch, Bezeq, dengan imbalan liputan positif tentang dirinya dan istrinya Sarah di situs berita tersebut.

Pada November 2019, Netanyahu didakwa melakukan korupsi, penggelapan dana, dan pelanggaran kepercayaan dalam 3 kasus. Kasus ini menjadikannya satu-satunya perdana menteri dalam sejarah pendudukan Israel yang dituduh selama masa jabatannya.

Meskipun begitu, Netanyahu saat ini tidak diwajibkan hengkang dari jabatannya sebagai perdana menteri meski terjerat kasus hukum. Ia baru bisa mundur jika diputus bersalah pada keputusan yang berkekuatan hukum tetap.

(T.NA/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir