Presiden Abbas: Penguasaan Israel atas Sumber Daya Air adalah Tantangan Terbesar bagi Pembangunan Palestina

Ancaman pendudukan Israel terhadap Palestina melalui penguasaan lahan dan sumber daya alam, termasuk air, tetap menjadi tantangan terbesar dalam pembangunan dan kemajuan ekonomi nasional.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,23 Mar 2021,11:43 AM

Ramallah, SPNA - Kontrol Israel atas sumber daya air di wilayah yang diduduki adalah tantangan terbesar dalam pembangunan dan kemajuan ekonomi Palestina, tutur Presiden Mahmoud Abbad pada Senin (22/03/2021).

Berpidato dalam Hari Air Sedunia, Presiden Abbas mengatakan bahwa ancaman pendudukan Israel terhadap Palestina melalui penguasaan lahan dan sumber daya alam, termasuk air, tetap menjadi tantangan terbesar dalam pembangunan dan kemajuan ekonomi nasional.

Dia menambahkan, pengendalian, pelestarian dan pengembangan sumbr daya air merupakan simbol terpenting dalam kedaulatan negara dan salah satu masalah status akhir yang tidak terbantahkan, yang harus diselesaikan sesuai dengan hukum internasional.

Presiden menekankan akan pentingnya upaya berkelanjutan untuk menghadapi ambisi ekspansi ilegal Israel dan rencana pencaplokannya, yang tetap berlanjut khususnya di Lembah Yordania.

Dia berjanji untuk melanjutkan implementasi rencana dan dukungan terhadap banyak proyek yang mempromosikan pembangunan berkelanjutan di sektor pengairan, pertanian dan ekonomi, serta tidak menyisihkan upaya untuk memastikan kemauan dan stabilitas bagi rakyat Palestina.

(T.RA/S: WAFA)

leave a reply
Posting terakhir