Pasukan Isrela Menyerang Warga Palestina yang Berjaga di Pegunungan Nablus

Para aktivis dan warga lokal berjaga di Jabal al-Arma guna mencegah para pemukim mengambil alih kawasan yang paling arkeologis di kota Nablus tersebut.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,23 Mar 2021,01:37 PM

Nablus, SPNA - Sumber lokal menyebutkan, sejumlah warga Palestina pagi ini, Selasa (23/03/2021), terluka ketika pasukan Israel melepaskan tembakan ke arah para aktivis yang sedang berjaga di gunung Jabal al-Arma, kota Beita, selatan kota Nablus, Tepi Barat utara. Para aktivis berjaga di di sana guna mencegah para pemukim mengambil alih kawasan tersebut.

Sejalan dengan laporan tersebut, Monawar Bani Shamseh, aktivis kota setempat, kepada WAFA menuturkan bahwa pasukan pendudukan Israel menyerbu gunung pagi-pagi sekali dan menyerang aktivis yang berjaga pepanjang malam di sana guna mencegah para pemukim menggapai tempat itu. Pasukan penggunakan peluru karet dan gas air mata untuk membubarkan para aktivis. Langkah ini dilakukan guna mengosongkan kawasan itu dari warga Palestina dan memungkinkan para pemukim mengaksesnya dengan bebas. Beberapa orang terluka dalam insiden ini.

Jabal al-Arma, dengan luas mencapai 250 dunum, adalah salah satu situs paling arkeologis di Nablus, dan puncak tertinggi di Beita.

Di sana terdapat sebuah kastil kuno, di mana di dalamnya terdapat tujuh tangki air yang dipahat di batu.

Namun, fitur ini manjadikan gunung tersebut menjadi target utama pemukim Israel karena permukiman kolonial sering ditempatkan di atas sumber air cadangan, guna mencuri air dan tanah.

(T.RA/S: WAFA)

leave a reply
Posting terakhir