Terjebak Salju, 4 Warga Suriah Meninggal dalam Perjalanan dari Lebanon

Dengan alasan tidak memiliki surat resmi empat pengungsi Suriah nekat melakukan perjalanan pulang dari Lebanon. Mereka kemudian ditemukan tertutupi salju tewas diperjalanan.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sun,28 Mar 2021,09:08 AM

Beirut, SPNA - Otoritas Lebanon, Sabtu (27/03/2021), mengumumkan berhasil menemukan empat jasad, dua anak laki-laki dan dua perempuan dewasa, yang tewas terkubur salju. Mereka diklaim meninggal karena kedinginan saat dalam perjalanan melarikan diri dari Lebanon ke Suriah.

Mereka berempat merupakan warga Suriah yang secara ilegal melakukan perjalanan pulang ke negaranya.

Pihak perlindungan sipil Lebanon, tiga hari sebelumnya menerima berita kehilangan orang. Setelah dilakukan pencarian, Gubernur wilayah Baklabak, Jumat (26/03), lantas mengumumkan berhasil menemukan beberapa jasad tak bernyawa.

Pada hari Sabtu kemarin, media lokal banyak mempublis beberapa foto penemuan beberapa mayat yang sebagian tubuh mereka telah diselimuti salju.

Aksi nekat itu diambil oleh empat warga Suriah tersebut karena mereka tidak memiliki surat-surat yang menjadi syarat bagi mereka yang ingin meninggalkan Lebanon. Salah satu perempuan yang meninggal itu bahkan diberitakan sedang hamil. Ia berniat pulang ke Suriah untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Lebih dari satu juta warga Suriah saat ini tinggal di Lebanon dengan status pengungsi, sesuai data PBB. Pemerintah Lebanon memperkirakan bahwa jumlah mereka mencapai 1,5 juta jiwa. Mereka lari menyelamatkan diri meninggalkan Suriah ketika perang saudara pada tahun 2011 pecah.

(T.HN/S: Trt.Arabic)

leave a reply
Posting terakhir