Jenderal Amerika: Risiko Rusia Menginvasi Ukraina dalam Beberapa Minggu Mendatang Menurun

Komandan pasukan AS di Eropa mengatakan bahwa kemungkinan invasi setelah beberapa minggu ke depan bergantung pada beberapa faktor, tapi berdasarkan jalur saat ini dan kesiapan pasukan Rusia, kemungkinan akan menurun.

BY Edited Fri,16 Apr 2021,12:18 PM

Washington DC, SPNA - Komandan pasukan AS di Eropa, Jenderal Todd Walters mengatakan pada Kamis (15/04/2021) bahwa risiko Rusia menginvasi Ukraina dalam beberapa pekan mendatang memiliki rasio “rendah menuju intermediet.”

Menanggapi per anggota parlemen tentang kemungkinan invasi selama periode itu, Walters menambahkan bahwa kemungkinan itu terjadi "rendah ke sedang."

Dia menambahkan bahwa kemungkinan invasi setelah beberapa minggu ke depan bergantung pada beberapa faktor, tapi berdasarkan jalur saat ini dan kesiapan pasukan Rusia, kemungkinan akan menurun.

Ukraina tenggara menyaksikan babak baru eskalasi, di tengah kekhawatiran baru-baru ini dari permusuhan berskala besar antara pasukan pemerintah Kiev, Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk yang dideklarasikan sendiri.

Pada periode akhir-akhir ini, kedua pihak yang bertikai saling menuduh melanggar rezim gencatan senjata, terutama penggunaan bom yang dilarang berdasarkan Perjanjian Minsk oleh pasukan pemerintah.

Rusia telah berulang kali menekankan bahwa mereka bukanlah pihak dalam konflik Ukraina, kemudian mobilisasi pasukannya di dekat perbatasan Ukraina memiliki karakter pencegahan yang eksklusif dan tidak ditujukan kepada pihak mana pun.

(T.NA/S: RT Arabic)

leave a reply
Posting terakhir