Israel Dituntut Tidak Gunakan Bantuan Amerika Serikat untuk Pembangunan Permukiman Yahudi di Tepi Barat

[Israel dituntut untuk tidak menggunakan bantuan militer Amerika Serikat di wilayah pencaplokannya dari tanah Palestina. Karena hal itu disebutkan dapat mengancam usaha damai Solusi Dua Negara. ]

BY Edited Tue,20 Apr 2021,01:30 PM

Tel Aviv, SPNA - Negara Yahudi Israel dituntut tidak menggunakan bantuan Amerika Serikat untuk proyek yang dapat membatalkan negosiasi damai antara Palestina dan Israel.

Kritikan itu datang dari dua senator senior Amerika, Bernie Sanders dan Elizabeth Warren, dalam sebuah konferensi yang diadakan oleh kelompok lobi Yahudi liberal Amerika, J Street, pada Senin (19/04/2021).

Ia meminta pemerintah Amerika untuk mengatur dengan detail terkait alokasi dana yang dikucuran untuk negara Zionis itu. Dua tokoh politik dari Partai Demorat tersebut menginginkan agar dana tersebut tidak digunakan untuk  mendukung kegiatan Israel di Tepi Barat yang dapat mengancam Solusi Dua Negara. Seperti untuk mendanai pembangunan permukiman illegal Yahudi misalnya.

Dikutip dari The Times of Israel, Amerika Serikat sebelumnya telah setuju untuk mencairkan dana bantuan sebesar 3,8 miliar dolar untuk Israel selama sepuluh tahuh.

Jika masukan tentang syarat alokasi itu ditampung oleh Pemerintah Amerika yang baru, bisa saja bantuan tersebut terkatung-katung jika berkaca pada kebijakan Pemerintah Israel dalam beberapa tahun terakhir yang sangat giat melakukan pencaplokan di Tepi Barat.

"Jika kita serius untuk menghentikan perluasan permukiman dan membantu kedua pihak menuju Solusi Dua Negara, tidak bertanggung jawab rasanya jika kita tidak memanfaatkan semua alat yang kita miliki." Kata Warren.

"Salah satunya adalah dengan tidak mengizinkan penggunaan bantuan militer tersebut di wilayah pencaplokan." Tambahnya.

(T.HN/S: Ar.timesofisrael.com)

leave a reply