Pertama Dalam Sejarah, Jumlah Penduduk Salah Satu Kota Terkenal di Amerika ini Turun Hingga Ratusan Ribu Jiwa

[Selama tahun 2020, California kehilangan sebanyak hampir dua ratus ribu penduduknya. Pemerintah menyebutkan bahwa itu sangat dipengaruhi oleh angka kematian akibat Corona yang berjumlah 51 ribu jiwa pada tahun tersebut.

BY Edited Sat,08 May 2021,11:26 AM

California, SPNA - Jumlah Penduduk salah satu kota di Amerika Serikat, California, mengalami penurunan hingga 180 ribu jiwa pada tahun lalu (2020). Kejadian ini merupakan yang pertama kalinya sejak kota tersebut perdana berdiri pada tahun 1850 silam.

Menurut Associated Press (AP), Biro Sensus AS pekan lalu memperingatkan bahwa California, yang berpenduduk lebih dari 39 juta, hanya akan memperoleh satu kursi di Kongres AS untuk pertama kalinya.

Populasi negara bagian AS lainnya tumbuh lebih cepat daripada California, dengan sekitar 4,9 juta orang pindah ke California dari 2010 hingga 2020, menurut analisis sensus yang dilakukan oleh Institut Kebijakan Publik California. Sementara sekitar 6,1 juta penduduk lainnya pindah ke negara bagian lain.

Penurunan angka penduduk itu, menurut para politikus dari Partai Republik, merupakan akibat dari penerapan pajak yang tinggi, harga rumah dan politik progresif yang diterapkan pemerintah setempat.

Sementara Pemerintah sendiri yang memiliki afiliasi ke Demokrat berpendapat bahwa hal itu sangat erat hubungannya dengan pandemi Corona.

Sebanyak 51 ribu jiwa dilaporkan meninggal dunia akibat Corona pada tahun 2020. Hal itu juga selaras dengan angka penduduk Amerika yang memang terus berkurang setiap tahunnya dalam skala nasional.

(T.HN/S: Arabic.rt.com)

leave a reply