Qatar Alokasikan Setengah Miliar Dolar untuk Rekonstruksi Gaza

Gaza yang rusak parah akibat agresi Israel membutuhkan bantuan luar negeri untuk membangun kembali salah satu wilayah Palestina tersebut. Dalam hal ini, Qatar baru saja mengumumkan alokasi dana biaya rekonstruksi sebanyak 500 juta dolar.

BY Edited Thu,27 May 2021,11:51 AM

Doha, SPNA - Amir Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani, Rabu (26/05/2021), memutuskan untuk mengalokasikan dana sebesar 500 juta dolar Amerika untuk biaya rekonstruksi Gaza yang hancur akibat agresi Israel.

Menteri Luar Negeri Qatar, Muhammad Abdur Rahman, dalam sebuah postingan Twitter-nya menuliskan, "atas perintah Amir Negara, Qatar mengumumkan bantuan sebesar 500 juta dolar untuk rekonstruksi Gaza."

"Kita akan terus membantu saudara-saudara di Palestina sampai mereka mendapatkan solusi adil dan permanen dengan mendirikan negara mereka yang berdaulat,"tambahnya.

Haniyeh Ucapkan Terima Kasih

Kepala Biro Politk Hamas, Ismail Haniyeh, mengucapkan terima kasih kepada Qatar yang telah bersedia memberikan dukungan dan bantuan kepada negaranya.  Dikutip dari Arabic.rt.com.

Dalam sebuah pernyataan ia mengatakan, "Hari ini kita baru saja menyaksikan sebuah kebijakan dermawan dari Syeikh Tamim bin Hamad Al Thani, berupa bantuan 500 juta dolar sebagai partisipasi dalam membangun Gaza seperti sedia kala."

"Kebijakan ini telah menunjukkan jati diri Qatar sebagai negara Arab, dan rasa persaudaraan yang dimiliki para pemimpinnya yang terus setia berada di sisi warga Palestina dan mendukung perjuangan mereka," tambahnya.

Agresi militer yang berlangsung selama 11 hari, sejak Senin (10/05/2021) hingga Jumat (21/05/2021), telah meluluhlantakkan Gaza. Ratusan korban sipili yang meninggal, bangunan rumah dan infrastruktur umum bahkan sistem kesehatan yang hancur dan rusak parah adalah kesimpulan dari bentrokan senjata antara pejuang Gaza dan Militer Israel (IDF) tersebut.

(T.HN/S: Mubasher.aljazeera.net)

leave a reply
Posting terakhir

Kanada Alokasikan Dana Jutaan Dolar Untuk Warga Palestina di Gaza

“Dana bantuan ini akan dialokasikan $10 juta untuk makanan mendesak, kebutuhan tempat tinggal, air, sanitasi, kebersihan dan dukungan psikososial untuk anak-anak. $10 juta dialokasikan untuk mendukung upaya kemanusiaan dan rekonstruksi. $5 juta untuk prakarsa perdamaian yang adil dan abadi antara Palestina dan Israel.”