Liga Arab: Perjanjian Balfour Kejahatan Tak Dapat Dilupakan

BY Rizky SyahputraEdited Mon,01 Aug 2016,08:27 AM

Liga Arab: 'Perjanjian Balfour Adalah Kejahatan Yang Tak Dapat Dilupakan'.

Al Quds – Suarapalestina - Liga Arab mendeklarasikan dukungan terhadap Pemerintah Palestina, Minggu (31/7) terkait rencananya menuntut Inggris dalam pembuatan perjanjian Balfour (1917) dimana perjanjian tersebut membuka jalan bagi Israel  menduduki tanah Palestina.

Sekjen Pembantu urursan Palestina dan Arab di Liga Arab, Said Abu Ali dalam konferensi pers mengatakan: 'Kejahatan Balfour tak akan terlupakan dalam ingatan dan sejarah rakyat Palestina serta tidak akan terlupa dari hati dan perasaan mereka.'

Ia menambahkan bahwa peringatan 100 tahun perjanjian Balfour mempertanyakan kembali keutuhan moralitas dan hukum dalam perjanjian ersebut'.

Ia juga menyerukan perekrutan berbagai instrumen politik dan hukum serta partisipasi seluruh lembaga Arab dan organisasi Internasional terhadap HAM untuk mencapai tujuan tersbeut.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi yang diadakan di Nouakchott Liga Arab menyatakan dukungan terhadap Mahmud Abbas untuk mengkriminalkan Inggris.

'Perjanjian Balfour adalah kejahatan besar terhadap hak-hak bangsa Palestina yang tidak akan terlupa dengan berlalunya waktu walaupun setelah seratus tahun'.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Maliki dalam pertemuan KTT di Nouakchott mengatakan bahwa negaranya menuntut dukungan pengusutan Inggris dalam perjanjian Balfour.

'Kami akan membukan file kejahatan Palestina sejak akhir mandat dari Inggris (1920-1948).

Abu Ali juga mengutuk keputusan Israel dengan menambah jumlah pemukiman di Tepi Barat serta megajak semua pihak untuk mengambil langkah pasti menghentikan politik pemukiman Israel, serta penghancuran rumah warga Palestina'.

Sebelumnya Israel mendeklarasikan rencananya membangun 770 unit pemukiman di Jilo, Barat Laut Betlehem, serta 323 unit di Timur Yerusalem. Ditambah dengan rencana pembangunan ratusan unit pemukiman yang diumumkan beberapa minggu lalu, khususnya pemukiman di sekitar Yerusalem dari utara, timur dan selatan ditambah  42 pemukiman di Kiryat Arba di Hebron.

leave a reply
Posting terakhir

Liga Arab Tuntut Inggris Minta Maaf kepada Palestina atas Deklarasi Balfour

“Perdamaian yang komprehensif, adil dan abadi punya satu cara, yaitu untuk mengakhiri pendudukan Israel atas semua tanah Palestina dan Arab yang diduduki sejak tahun 1967 dan mendirikan negara Palestina dengan ibukotanya di Yerusalem Timur, sesuai dengan keputusan legitimasi internasional dan Inisiatif Perdamaian Arab,” sebut Sekretaris Jenderal Liga Arab.