Gempa Bumi Tercatat Landa Palestina, Yordania, dan Mesir

Pada hari yang sama, sebuah gempa bumi ringan juga melanda timur laut daerah Marsa Matrouh, Mesir. Menurut stasiun Jaringan Seismik Nasional kekuatan gempa diperkirakan pada 4,4 skala Richter.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Mon,05 Jul 2021,11:12 AM

Yerusalem, SPNA - Observatorium seismologi Yordania, pada Minggu (04/07/2021), mencatat gempa bumi berkekuatan 3,2 skala richter, yang berpusat di 50 km barat laut Nablus, Palestina. Gempa terjadi pada pukul lima sore waktu Amman.

Menurut data observatorium, gempa terjadi pada kedalaman dua kilometer.

Daerah pusat gempa tersebut terletak di kawah yang terkenal dengan aktivitas seismik dan di tengah celah lempeng Suriah-Afrika atau berada di sesar Laut Mati, sehingga membuat kawasan tersebut rentan terhadap gempa bumi, akibat pergerakan lempeng di tanah.

Pada hari yang sama, sebuah gempa bumi ringan juga melanda timur laut di daerah Marsa Matrouh, Mesir. Menurut data dari Stasiun Jaringan Seismik Nasional, kekuatan gempa ini diperkirakan memiliki kekuatan 4,4 skala richter.

Menurut data Jaringan Institut Nasional Penelitian Astronomi dan Geofisika, gempa tersebut berada 287 km timur laut Marsa Matrouh, di kawasan Mediterania.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 19.30.10, pada kedalaman 65 kilometer.

Institut Nasional Penelitian Astronomi dan Geofisika menegaskan bahwa tidak terdapat indikasi getaran yang dirasa secara langsung. Gempa ini juga tidak menyebabkan kerugian pada manusia atau harta benda.

(T.FJ/S: RT Arabic)

leave a reply