Israel Hancurkan 5 Bangunan di Salfit Palestina

Omar Samara mengatakan bahwa kejadian ini merupakan insiden keempat kalinya bangunan dan fasilitas tersebut dihancurkan sepenuhnya oleh pendudukan Israel. Ia menyebut bahwa otoritas pendudukan Israel telah memulai pembongkaran tanpa peringatan.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,13 Jul 2021,11:44 AM

Tel Aviv, SPNA - Otoritas pendudukan Israel, pada Senin (12/07/2021), menghancurkan lima bangunan penduduk Palestina di desa Haris, sebelah barat Salfit, Tepi Barat.

Kepala Dewan Desa, Haris Omar Samara, menjelaskan dalam pernyataan pers, bahwa otoritas pendudukan Israel menghancurkan bengkel las dan perbaikan mobil, tempat cuci mobil, dua toko sayuran dan buah-buahan di persimpangan barat desa milik Saleh dan Fadi, serta tempat fasilitas olahraga Hassan Saleh.

Omar Samara mengatakan bahwa kejadian ini merupakan insiden keempat kalinya bangunan dan fasilitas tersebut dihancurkan sepenuhnya oleh pendudukan Israel. Ia menyebut bahwa otoritas pendudukan Israel telah memulai pembongkaran tanpa peringatan.

Penduduk Salfit saat ini menghadapi upaya pendudukan massif dari pihak Israel. Setelah Kantor Administrasi Sipil Israel, pada Senin (05/07/2021), mengumumkan rencana perluasan pemukiman Yakir dan Nofim, yang terletak di Kota Deir Istiya dan Qarawat Bani Hassan, sebelah barat Salfit, di sebelah utara Tepi Barat Palestina yang diduduki.

Seperti dilansir dari Palinfo, pendudukan Israel berencana untuk memperluas dua pemukiman dengan luas lebih dari 8.500 donum atau sekitar 850 hektare. Rencana perluasan pemukiman ilegal Israel ini akan mencakup sejumlah tanah pribadi penduduk Palestina di wilayah Al-Nuwetif, Al-Majwar, Wadi Khalil, Al-Saffar, Bir Abu Ammar, hingga Wadit Al-Hamam di Qarawat Bani Hassan.

Walikota Deir Istiya, Said Zeidan, mengatakan bahwa setelah menentukan koordinat peta yang dilampirkan pada keputusan perampasan tanah di kawasan tersebut, pihaknya mengetahui bahwa area yang akan direbut oleh pendudukan Israel melebihi 850 hektare. Menurutnya, ini merupakan salah satu perampokan terbesar tanah Palestina dalam sejarah pendudukan Palestina yang dilakukan dalam satu waktu.

(T.FJ/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

Dilindungi Pasukan Pendudukan, Pemukim Israel Serang Petani Palestina di Salfit

Pada malam harinya, penduduk Palestina dari desa Yasouf di Salfit menanggapi upaya tersebut dengan menyerbu para pemukim di daerah Al-Khalah. Sementara itu, pasukan pendudukan Israel menekan warga dengan menembakkan tabung gas air mata ke arah penduduk Palestina dan mengamankan penarikan para pemukim menuju pemukiman Taffouh, sebelah timur desa.