Komite Rekonstruksi Gaza Umumkan Kerugian Akibat Agresi Israel Terakhir

Komite Rekonstruksi Gaza resmi merilis total kerugian yang dialami Gaza akibat gempuran Israel dua bulan lalu. Kemudaratan materi yang diderita Palestina  mencapai 6,9 triliun.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,13 Jul 2021,01:07 PM

Gaza, SPNA - Komite pemerintah yang bertanggung jawab atas upaya rekonstruksi Gaza, Senin (12/07/2021), mengumumkan total kerugian dari pihak Gaza akibat agresi Israel yang berlangsung selama 11 hari pada pertengahan Mei lalu.

Kepala Komite, Naji Sarhan, kepada media mengatakan bahwa pihaknya telah mengklasifikasi jenis kerugian dalam tiga kelompok; kerusakan langsung, kerugian langsung dan kerugian yang tidak langsung.

Menurut tuturan Sarhan, gempuran yang menewaskan 270 orang itu, meninggalkan kerugian materi untuk Palestina sebanyak 479 juta dolar Amerika atau setara dengan 6,9 triliun rupiah.

Sebanyak 61 persen dari total kerusakan berasal dari sektor bangunan dan infrastrukstur, 33 dari sektor ekonomi dan 7 persen dari sektor sosial.

Sarhan menyampaikan terimakasih teruma sekali kepada relawan dari pemerintah, yang telah banyak membantu saat dan sesudah agresi berlangsung. Untuk untuk semua pihak yang telah ikut turun tangan untuk membantu warga Palestina.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa Gaza masih sangat membutuhkan bantuan internasional, demi untuk membangun kembali salah satu wilayah Palestina tersebut. Gaza juga membutuhkan dukungan politik, untuk menekan Israel yang telah memblokade Israel selama 14 tahun.

(T.HN)

Nuruddin Jamal Al-Harrazin

leave a reply
Posting terakhir