Membahas Perihal Penarikan Pasukan AS, Perdana Menteri Irak Berkunjung ke Amerika

Untuk membahas kelanjutan proses penarikan pasukan Amerika dari Irak, Joe Biden mengundang secara khusus Perdana Menteri Irak ke Gedung Putih. Pertemuan itu akan berlangsung pada akhir Juli nanti.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,17 Jul 2021,10:21 AM

Baghdad, SPNA - Perdana Menteri Irak, Mustafa Al-Kadhimi, dilaporkan akan bertandang ke Amerika Serikat (AS) untuk bertemu dengan Joe Biden, Presiden Amerika.

Gedung Putih, Hari ini (Sabtu, 17/07/2021) mengumumkan bahwa Joe Biden akan menyambut kedatangan Al-Kadhimi pada tanggal 26 Juli mendatang.

Seorang pejabat penting di Pemerintahan AS mengatakan, "Presiden Joe Biden akan menjamu Perdana Menteri Irak Muatafa Al-Kadhimi di Gedung Putih pada 26 Juli."

Pada hari Kamis (15/07) dua hari lalu, Al-Kadhimi disebutkan sudah melakukan diskusi dengan delegasi pemerintah AS yang dipimpin oleh Koordinator Gedung Putih untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Brett McGurk, membahas mekanisme penarikan pasukan AS dari Irak dan upaya untuk meningkatkan keamanan dan kedaulatan Irak.

Bulan lalu, Washington dan Baghdad jeuga telah menyetujui rencana yang mencakup mekanisme dan waktu khusus untuk menyelesaikan penarikan pasukan asing dari Irak.

Dalam putaran ketiga dialog strategis antara kedua negara pada tanggal tujuh April lalu, kedua belah pihak juga mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kehadiran pasukan tempur AS di Irak, membatasi tugas unit yang tersisa di tanah Irak untuk pelatihan, dan meningkatkan kerjasama kedua negara di berbagai bidang.

(T.HN/S: Arabic.sputniknews)

leave a reply
Posting terakhir