Amerika Serikat Lancarkan Serangan Udara Targetkan Gerakan Al-Shabab di Somalia

Untuk kedua kalinya dalam sepakan terakhir, Militer Amerika melakukan serangan udara menghadapi militan Al-Shabaab di Somalia. Pukulan udara tersebut dimaksudkan untuk mendukung pasukan pemerintahan setempat.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,24 Jul 2021,03:18 PM

Mogadishu, SPNA - Militer Amerika Serikat (AS), kembali melakukan serangan udara dengan target pasukan Al-Shabaab di Somalia. Ini merupakan serangan udara yang kedua kalinya dalam sepekan terakhir semenjak Joe Biden menduduki kursi kepresidenannya pada Januari lalu, seperti dilansir RT Arabic, Sabtu (24/07/2021).

Kementerian Pertahanan Amerika dalam sebuah pernyataan menyampaikan bahwa serangan tersebut dilakukan untuk mendukung militer pemerintah Somalia.

Hal senada juga disampaikan Juru Bicara Pentagon, Cynthia King. Ia mengaku bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi langsung dengan pemerintah setempat sebelum serangan dilakukan.

Sayangnya, Cynthia tidak membeberkan banyak hal terkait operasi tersebut. Hal itu demi menjaga kerahasiaan militer, sebutnya.

Serangan udara AS sebelumnya berlangsung pada Selasa (20/07), empat hari lalu.

Perlu diketahui bahwa AS telah banyak menarik pasukannya dari Somalia pada hari-hari terakhir masa jabatan Presiden Donald Trump. Mereka dipandahkan ke sejumlah pangkalan militer AS yang ada di negara-negara tetangga Somalia.

Al-Shabab atau Harakat Al-Shabaab Al-Mujahideen (HSM) adalah sebuah organisasi yang disebut sebagai gerakan terorisme dan menganut Islam radikal, berpusat di Afrika Timur dan Yaman. Dalam beberapa tahun terakhir mereka terlibat peperangan perebutan wilayah dengan Pemerintah Somalia.

(T.HN/S: RT Arabic)

leave a reply
Posting terakhir