Sungai Nil di Sudan Meluap, 2 Pelajar Meninggal

Dua pelajar dilaporkan tenggelam terbawa arus Sungai Nil di Sudan. Debit air dari sungai yang berasal dari Ethiopia tersebut bertambah diakibatkan hujan deras.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Fri,30 Jul 2021,04:23 PM

Khartoum, SPNA - Media Sudan melaporkan seorang siswa dan seorang siswi meninggal dunia tenggelam di Sungai Nil Sudan. Keduanya terseret arus sungai yang sedang meluap akibat derasnya curah hujan.

Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Sudan melaporkan sungai terpanjang di dunia tersebut meluap dan menyebabkan banjir dikarenakan tingginya intensitas hujan di Ethiopia.

Qurasyi Husein, Direktur Departemen Darurat dan Bencana, mengatakan tingkat permukaan air di Nil Biru di wilayah Sennar pada hari Kamis (29/07) tercatat 15,77 m, meningkat 13 cm dari hari sebelumnya

Di samping itu ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan kerja ekstra untuk menjamin keselamatan warga.

Otoritas setempat juga ikut meminta warga untuk menjauhi area tepian sungai dan bendungan tempat penyimpanan air. Hal itu demi menghindari kerugian materi dan  nyawa dari warga Sipil.

(T.HN/S: RT Arabic)

leave a reply
Posting terakhir

Liga Arab Kirim Pesan ke Ethiopia Terkait Hak Mesir dan Sudan Terhadap Sungai Nil

“Kami berharap perundingan ini akan mengarah pada tujuan yang diinginkan, yaitu mencapai kesepakatan yang sah, mengikat, dan adil yang memperhitungkan kepentingan semua pihak, dan mengatur proses pengisian dan pengoperasian bendungan. Menghindari tindakan sepihak dan dengan cara menjaga hak air bagi Mesir dan Sudan, di sepanjang jalur aliran sungai,” kata Aboul Gheit dalam pertemuan kerja sama umum antara Liga Arab dan Uni Afrika.